Jalan Tol Bali - Mandara: Penghubung Tiga Pulau di Atas Laut

Jalan Tol Bali - Mandara: Penghubung Tiga Pulau di Atas Laut

Jalan Tol--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID-

Jalan tol memiliki peran penting dalam memperlancar arus transportasi, namun Jalan Tol Bali - Mandara memiliki keunikan tersendiri karena membentang di atas laut.

Sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 12,7 km, proyek megah ini memerlukan investasi fantastis sebesar Rp14,1 triliun.

Dibangun sebagai penghubung antara tiga pulau, yaitu Pulau Bali, Pulau Nusa Lembongan, dan Pulau Nusa Penida, jalan tol ini tidak hanya mempermudah akses ke pelabuhan dan kawasan wisata, tetapi juga mengurangi kepadatan lalu lintas serta memangkas waktu perjalanan menjadi hanya 15 menit, dibandingkan dengan 1-2 jam sebelumnya.

Tidak hanya menjadi yang terpanjang di Indonesia, Jalan Tol Bali - Mandara juga menjadi salah satu jalan tol di atas laut terpanjang di dunia.

BACA JUGA:Letusan Mematikan: 5 Gunung Berapi Paling Berbahaya

Bersama dengan proyek-proyek serupa di China dan Amerika Serikat, jalan tol ini menjadi bukti nyata kemajuan infrastruktur transportasi di Indonesia.

Salah satu hal yang membedakan Jalan Tol Bali - Mandara dari jalan tol lainnya adalah keberadaan jalur khusus sepeda motor. Hal ini menjadikannya satu-satunya jalan tol di Indonesia yang menyediakan fasilitas tersebut.

Diresmikan pada tahun 2013, Jalan Tol Bali - Mandara bukan hanya sebuah infrastruktur, tetapi juga simbol kemajuan dan inovasi dalam pembangunan transportasi di Indonesia.

Dengan menghubungkan tiga pulau utama di Bali, jalan tol ini telah membuka peluang baru untuk pengembangan ekonomi dan pariwisata di wilayah tersebut. (*)

BACA JUGA:Mengungkap Rekor Panas: 10 Kota dengan Suhu Terpanas di Bumi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: