Taman Nasional Lorent, Keindahan Sang Pemilik Salju Abadi Jayawijaya

Taman Nasional Lorent, Keindahan Sang Pemilik Salju Abadi Jayawijaya

Burung Pigeon Crowned Selatan, salah satu satwa di Taman Nasional Lorentz.--

PAPUA, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Taman Nasional Lorentz merupakan sebuah kawasan konservasi alam yang terletak di antara tiga provinsi di Pulau PAPUA, Indonesia, yaitu PAPUA Pegunungan, PAPUA Tengah, dan PAPUA Selatan.

Luas wilayahnya mencapai 2.505.600 hektare dan terbagi administratif dalam beberapa kabupaten, antara lain Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Mimika, Kabupaten Asmat, Kabupaten Yahukimo, dan Kabupaten Puncak Jaya.

Dalam pembagian administratif, taman nasional ini terdiri dari 16 distrik.

BACA JUGA:Partai Demokrat Kabupaten Empat Lawang Membuka Pendaftaran Calon Pilkada 2024

Pada tahun 1997, pemerintah Indonesia menetapkannya sebagai taman nasional, dan kemudian UNESCO juga mengakui keistimewaannya dengan menetapkannya sebagai warisan dunia pada tahun 1999.

Taman Nasional Lorentz merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara yang masih banyak belum dipetakan dan dijelajahi.

Keberadaannya sangat penting karena menyimpan banyak tanaman, hewan, dan budaya asli.

BACA JUGA:Ini 6 Taman Nasional di Indonesia yang Diakui UNESCO

Meskipun demikian, wilayah ini juga memiliki potensi sumber daya mineral, sehingga operasi pertambangan skala besar aktif di sekitarnya.

Untuk menjaga kelestarian alamnya, ada Proyek Konservasi Taman Nasional Lorentz yang melibatkan masyarakat setempat dalam upaya konservasi komunal dan ekologis di sekitar taman nasional.

Sejak tahun 2003, WWF-Indonesia Region Sahul Papua telah melakukan pemetaan wilayah adat di dalam kawasan Taman Nasional Lorentz.

BACA JUGA:Le Mans 66: Perseteruan Ford vs Ferrari yang Mengubah Sejarah Otomotif

Pemetaan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan melindungi wilayah adat masyarakat yang tinggal di sekitar taman nasional.

Wilayah adat yang teridentifikasi meliputi Distrik Kurima di Kabupaten Yahukimo dan Distrik Sawaerma di Kabupaten Asmat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: