Manfaat dan Tata Cara Sholat Dhuha

Manfaat dan Tata Cara Sholat Dhuha

Ilustrasi--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID-  Sholat Dhuha merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Dilaksanakan setelah waktu Subuh dan sebelum waktu Dzuhur, sholat Dhuha memiliki keutamaan yang luar biasa bagi orang yang melaksanakannya.

Rasulullah SAW bersabda, "Sholat dhuha itu mendatangkan rezeki serta menolak kemiskinan. Dan, tidak ada yang memelihara sholat, kecuali orang-orang yang bertaubat." (HR Tirmidzi) Ini menegaskan bahwa sholat Dhuha memiliki manfaat yang luas, baik secara spiritual maupun materi.

Tata Cara Melaksanakan Sholat Dhuha

Sholat Dhuha dilakukan dengan cara yang sederhana, namun penuh kekhusyukan. Berikut adalah tata cara melaksanakan sholat Dhuha:

BACA JUGA:Keutamaan dan Cara Melakukan Sedekah Subuh

1. Niat: Niatkan sholat Dhuha sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Niat tersebut dapat disesuaikan dengan jumlah rakaat yang akan diamalkan.

2. Waktu: Sholat Dhuha dilaksanakan setelah waktu Subuh hingga menjelang waktu Dzuhur.

3. Jumlah Rakaat: Sholat Dhuha dapat dilakukan dalam jumlah yang fleksibel, namun yang umum adalah 2, 4, 6, 8, atau 12 rakaat.

4. Doa dan Dzikir: Selain melaksanakan rukun dan sunnah sholat, disarankan juga untuk melakukan doa dan dzikir sesudahnya sebagai bentuk ibadah yang lebih sempurna.

BACA JUGA:Dzikir Selepas Sholat Wajib: Mengamalkan Sunnah dan Menjaga Pahala

Niat Sholat Dhuha 2 Rakaat

Berikut ini adalah niat sholat Dhuha yang dapat diamalkan:

أُصَلِّي سُنَّةَ الضُّحَىِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ، اَللَّهُ أَكْبَرُ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: