Gunung Erebus, Penuntun Ajaib Emas Antarktika

Gunung Erebus, Penuntun Ajaib Emas Antarktika

Antartika.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Antarktika, yang merupakan rumah bagi ratusan gunung berapi aktif, memiliki salah satu gunung berapi di benua itu yang memuntahkan debu emas asli dengan nilai moneter.

Gunung Erebus, salah satu gunung berapi paling intens dan selatan aktif di Bumi, diperkirakan melepaskan sekitar 80 gram emas setiap hari, senilai sekitar $6.000, menurut IFL Science.

Para ilmuwan menemukan bahwa semburan gasnya sarat dengan kristal kecil emas logam.

BACA JUGA:Ternyata Ini Penembak Jenderal Kohler Saat Perang Rakyat Aceh Melawan Belanda

Debu emas dari Gunung Erebus dapat tersebar jauh dengan peneliti menemukan jejak emas di udara hingga 1.000 kilometer dari gunung berapi itu.

Gunung berapi tersebut terletak di atas lapisan kerak yang tipis, memungkinkan batuan cair untuk dengan mudah naik dari dalam bumi.

Menurut NASA, gunung itu secara teratur mengeluarkan semburan gas dan uap, dan kadang-kadang memuntahkan batuan (bom) dalam letusan strombolian.

BACA JUGA:Cerita Jenderal Belanda Tewas di Ujung Peluru Sniper Aceh

Gunung Erebus menghadap ke stasiun penelitian McMurdo di Pulau Ross dan memiliki danau lava di kawah puncak yang telah aktif sejak tahun 1972.

Karena gunung berapi tersebut berada di lokasi terpencil, para peneliti memantau gunung berapi tersebut menggunakan satelit, menurut Institut Smithsonian. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: