Mitos-Mitos Horor di Indonesia yang Legendaris

Mitos-Mitos Horor di Indonesia yang Legendaris

Ilustrasi --

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID-Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya dan tradisi. Selain itu, negara ini juga memiliki banyak mitos dan legenda urban yang masih dipercayai oleh masyarakat.

Mitos-mitos ini sering kali terkait dengan hal-hal mistis dan horor, dan setiap daerah di Indonesia memiliki cerita-cerita uniknya sendiri. Berikut adalah beberapa mitos legendaris yang masih sering dibicarakan oleh masyarakat Indonesia.

1. Nenek Gayung

Nenek Gayung adalah legenda urban yang populer di Indonesia, terutama di era 2010-an. Mitos ini menggambarkan seorang perempuan dengan ilmu hitam yang mencari tumbal untuk memperkuat kesaktiannya.

BACA JUGA:Misteri Kota Gaib Saranjana: Antara Mitos dan Fakta

Nenek Gayung sering berkeliaran di malam hari di jalan-jalan sepi dan gelap. Ia dapat dikenali melalui penampilannya yang khas: mengenakan kebaya hitam, berambut panjang putih, serta membawa gayung dan tikar.

2. Larangan di Malam Satu Suro

Bagi masyarakat Jawa, Malam Satu Suro adalah malam sakral dalam Kalender Jawa, jatuh pada malam pertama di Bulan Suro.

Pada malam ini, banyak upacara dan ritual diadakan, serta pantangan-pantangan harus dipatuhi. Masyarakat percaya bahwa makhluk halus banyak muncul pada malam ini, sehingga pantangan seperti tidak menikah, tidak menggelar hajatan, dan tidak bepergian jauh biasanya diikuti.

BACA JUGA:Mitos-Mitos Mengerikan di Indonesia

3. Jangan pakai pakaian hijau saat pergi ke Pantai Selatan

Mitos ini berkaitan dengan penguasa Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul. Masyarakat percaya bahwa mengenakan pakaian hijau di Pantai Selatan akan membuat seseorang dibawa oleh Nyi Roro Kidul ke kerajaannya.

Terlepas dari mitos ini, disarankan untuk memakai pakaian terang saat berenang di laut agar mudah terlihat jika terjadi kesulitan.

4. Kuyang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: