Indikasi Kesombongan dalam Beramal: Tanda dan Cara Menghindarinya

Indikasi Kesombongan dalam Beramal: Tanda dan Cara Menghindarinya

Ilustrasi --

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID-Amal kebaikan adalah perbuatan baik yang dilakukan seseorang untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memberikan manfaat bagi sesama.

Namun, terkadang dalam praktiknya, amalan kebaikan dapat membawa benih kesombongan jika tidak dilakukan dengan niat yang tulus dan ikhlas.

Berikut adalah indikasi adanya sifat sombong dalam beramal yang perlu kita waspadai:

1. Marah jika Orang Tidak Tahu Siapa Kita  

BACA JUGA:Dzikir Selepas Sholat Wajib: Mengamalkan Sunnah dan Menjaga Pahala

Marah ketika orang lain tidak mengenali kita atau tidak mengetahui jasa-jasa dan amalan kebaikan kita merupakan tanda-tanda kesombongan.

Jika kita merasa tersinggung karena tidak mendapat pengakuan dari orang lain, sebaiknya segera perbanyak istigfar dan sadari bahwa tidak ada makhluk yang pantas menyombongkan diri.

2. Memandang Rendah Orang Lain

Memandang rendah orang lain karena amalan kebaikan yang kita lakukan lebih banyak atau lebih baik adalah tanda kesombongan.

BACA JUGA:Ramalan Shio Minggu Ini, Siapa yang Beruntung dan Siapa yang Sial?

Rasulullah SAW bersabda bahwa seseorang yang memiliki kesombongan dalam hatinya, meskipun sebesar biji sawi, tidak akan masuk surga. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.

3. Menolak Nasihat Orang Lain 

Sikap menolak nasihat dari orang lain karena merasa diri lebih banyak amalan dan pengalaman adalah tanda kesombongan.

Ketika seseorang menolak dinasihati, berarti ia merasa dirinya lebih besar dan telah memiliki pengetahuan yang cukup. Hal ini menunjukkan bahwa kesombongan telah bersemayam di hatinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: