Desa Mati: Keunikan Desa Terbengkalai yang Penuh Aura Mistis

Desa Mati: Keunikan Desa Terbengkalai yang Penuh Aura Mistis

ilustrasi--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID-Indonesia dikenal dengan keindahan alam dan kekayaan budaya yang memukau. Namun, di balik keindahan tersebut, terdapat beberapa desa yang terbengkalai dan berubah menjadi desa mati dengan nuansa mistis.

Desa mati ini seringkali ditinggalkan karena faktor geografis atau peristiwa misterius lainnya. Berikut adalah beberapa desa mati di Indonesia yang memiliki aura mistis yang kental.

Desa Plalangan, Ponorogo

Desa Mati Plalangan terletak di Ponorogo, Jawa Timur. Desa ini dulunya dihuni oleh sekitar 30 kepala keluarga yang sering berkunjung ke desa untuk menimba ilmu agama. Namun, seiring berjalannya waktu, penduduk desa memutuskan untuk pindah ke lokasi lain, sehingga desa ini menjadi terbengkalai. Kini, suasana desa yang tak terawat dan ditinggalkan memberikan kesan mistis yang kuat.

BACA JUGA:Menguak Sejarah Mistis Sekolah Tinggi Teologi HKBP

Desa Puntingan, Magelang

Desa Puntingan di Magelang kini tidak berpenghuni, namun dulunya hanya dihuni oleh tujuh kepala keluarga. Konon, jika jumlah keluarga di desa melebihi tujuh, akan ada keluarga yang meninggal atau pindah.

Saat ini, desa mati ini masih memiliki beberapa bangunan yang tersisa seperti musala dan rumah. Masyarakat sekitar memanfaatkan kawasan desa tersebut untuk pembuatan batu bata.

Desa Sidamukti, Majalengka

BACA JUGA:Mengulik Keajaiban Mistis di Sumatra Barat Medan Makam Datuk Maruhom

Desa Sidamukti terletak di Majalengka, Jawa Barat. Sejak 2006, desa ini tidak berpenghuni karena bencana pergerakan tanah yang membuat kawasan rawan longsor. Pada tahun 2012, gempa bumi menghancurkan kondisi desa, memaksa warga untuk pindah ke desa sebelah yang lebih aman. Kini, akses jalan menuju desa dipenuhi lumut dan semak belukar.

Dusun Cigintung, Majalengka

Dusun Cigintung juga terletak di Majalengka dan ditinggalkan penduduknya akibat bencana tanah ambles yang membuat banyak rumah roboh. Setelah ditinggalkan, dusun ini tidak terurus dan menjadi puing-puing, menambah kesan mistis.

Kampung Mati Vietnam, Jakarta Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: