Obat Tradisional untuk Meredakan Nyeri Sakit Gigi

Obat Tradisional untuk Meredakan Nyeri Sakit Gigi

---

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID-Sakit gigi adalah masalah umum yang sering dialami banyak orang. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti gigi sensitif, kebiasaan menggertakan gigi, tumbuh gigi bungsu, karies gigi, tambalan gigi lepas, penyakit gusi, dan gigi rusak.

Untuk meredakan rasa nyeri, penderita sakit gigi biasanya mengonsumsi obat dari dokter. Namun, selain obat medis, terdapat juga berbagai obat tradisional yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri sakit gigi. Berikut adalah beberapa obat tradisional yang bisa dicoba.

1. Serai

   Serai dikenal memiliki sifat analgesik (pereda nyeri) dan antibakteri. Untuk membuat obat herbal dari serai, Anda hanya perlu merebus 15 gram serai dan 5 lembar daun sirih dengan 400 cc air hingga mendidih.

BACA JUGA:Resep Sehat: Ramuan Jahe, Bawang Putih, dan Madu untuk Kesehatan Tubuh

Setelah menyisakan sekitar 200 cc air, biarkan hangat dan gunakan untuk berkumur sebanyak tiga kali sehari.

2. Cengkeh

   Cengkeh mengandung eugenol, vanilin, tanin, asam galotanat, dan kalsium oksalat yang bersifat analgesik dan antibakteri. Untuk meredakan sakit gigi, oleskan minyak cengkeh di atas kapas dan tempelkan kapas tersebut pada area gigi yang berlubang.

3. Daun Sirih

BACA JUGA:Manfaat Ramuan Daun Rambutan untuk Kesehatan Kulit Kepala Bisa Cegah Kerontokan Dan Uban

   Daun sirih terkenal sebagai tanaman herbal yang ampuh meredakan sakit gigi karena gigi berlubang. Caranya, cuci bersih dua lembar daun sirih, remas, lalu seduh dengan satu gelas air hangat yang sudah dicampur setengah sendok garam. Setelah dingin, gunakan untuk berkumur.

4. Daun Salam

   Daun salam mengandung flavonoid, tanin, serta minyak asiri yang memiliki sifat antiinflamasi, antimikroba, dan analgesik.

Kumur dengan air rebusan daun salam terbukti mampu mengurangi jumlah bakteri streptococcus sp dalam rongga mulut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: