Tips Mengurangi Asupan Gula: Memilih Makanan dan Minuman yang Lebih Sehat

Tips Mengurangi Asupan Gula: Memilih Makanan dan Minuman yang Lebih Sehat

Ilustrasi --

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID-Banyak orang mencoba meminimalkan asupan gula, namun hal ini bisa sangat sulit dilakukan karena banyak makanan dan minuman yang mengandung gula tersembunyi.

Produk-produk ini termasuk beberapa makanan yang bahkan dianggap tidak manis atau dijual sebagai produk rendah lemak. Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang ternyata tinggi gula dan perlu diwaspadai.

1. Yoghurt Rendah Lemak

Yogurt rendah lemak seringkali mengandung tambahan gula untuk meningkatkan rasa. Misalnya, satu cangkir (245 gram) yogurt rendah lemak bisa mengandung lebih dari 45 gram gula atau sekitar 11 sendok teh, melebihi batas konsumsi gula harian yang direkomendasikan untuk pria dan wanita.

BACA JUGA:Wajib Coba, Ini 5 Tips Cuan Investasi Mas Antam

Untuk pilihan yang lebih sehat, carilah yogurt dengan sedikit gula tambahan dan tambahkan buah segar sendiri untuk rasa.

2. Saus Barbekyu (BBQ)

Saus barbekyu (BBQ) bisa menjadi tambahan lezat untuk hidangan, namun 2 sendok makan (28 gram) saus barbekyu dapat mengandung sekitar 9 gram gula atau lebih dari 2 sendok teh.

Sekitar 33% dari berat saus BBQ mungkin berupa gula murni. Pastikan untuk memeriksa label produk dan pilih saus dengan jumlah tambahan gula paling sedikit.

BACA JUGA:Wajib Diketahui, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Puasa

3. Saus Tomat

Saus tomat adalah salah satu bumbu paling populer di dunia, namun sering kali mengandung gula tersembunyi. Perhatikan ukuran porsi saat menggunakan saus tomat, karena satu sendok makan saus mengandung hampir 1 sendok teh gula. 

4. Es Teh

Es teh komersial biasanya dimaniskan dengan gula atau sirup. Sebagian besar es teh yang dijual secara komersial mengandung sekitar 35 gram gula per 340 mL porsi. Untuk pilihan yang lebih sehat, pilihlah teh biasa atau es teh tanpa gula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: