Manfaat dan Tradisi Makan Kurma dalam Sunnah Nabi Muhammad SAW

Manfaat dan Tradisi Makan Kurma dalam Sunnah Nabi Muhammad SAW

BUAH KURMA--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID-Buah kurma bukan hanya sekadar buah biasa bagi umat Muslim, melainkan memiliki kedudukan istimewa karena kesukaan dan praktik sunnah Nabi Muhammad SAW terkait dengan buah ini.

Dalam sunnah dan ajaran Islam, kurma disebutkan sebanyak 20 kali dalam Al-Qur'an, menandakan keberkahan dan keistimewaannya.

Salah satu jenis kurma yang disukai oleh Nabi Muhammad SAW adalah kurma ajwa, yang biasanya tumbuh di Madinah.

Kurma ini tidak hanya memiliki rasa manis yang khas, tetapi juga kaya akan nutrisi, mengandung berbagai jenis vitamin seperti A, B6, C, E, dan K.

BACA JUGA:Kue Kurma Kacang, Cemilan Manis Gurih untuk Lebaran

Tidak hanya soal jenisnya, tetapi Nabi Muhammad SAW juga mencontohkan cara yang tepat dalam memakan kurma.

Salah satunya adalah menjaga kebersihan jari-jari saat memakan kurma. Dalam sebuah praktik sunnah, Nabi mengambil kurma menggunakan jari tangan, dan ketika menyisakan bijinya, biji tersebut diambil dan ditadahi menggunakan belakang jari telunjuk dan jari tengah. Praktik ini memiliki hikmah untuk menghindari kontaminasi dari bakteri yang ada dalam air liur.

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga sering memakan kurma dengan mencampurnya dengan mentimun.

Cara ini diikuti oleh Aisyah, istri Rasulullah SAW, sebagai salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

BACA JUGA:Jangan Sampe Salah, Ini 7 Tips Memilih Kurma yang Manis

Tak hanya dicampur dengan mentimun, kurma juga sering dikonsumsi bersama keju. Tren ini bahkan menjadi populer di media sosial, tetapi ternyata juga merupakan kesukaan Nabi Muhammad SAW.

Kombinasi antara kurma dan keju tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan seperti melunakkan tinja, melemaskan syaraf, dan mengurangi pembengkakan pada saluran pencernaan.

Selain dikonsumsi secara langsung, kurma juga bisa diolah menjadi minuman yang sehat, yang dikenal dengan sebutan air nabeez.

Cara membuatnya pun sangat sederhana, hanya dengan merendam kurma dalam air semalaman. Minuman ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari mengatasi masalah asam lambung hingga menyehatkan sistem pencernaan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: