Mewaspadai Modus Penipuan yang Mengancam Saldo Anda Jelang Lebaran

Mewaspadai Modus Penipuan yang Mengancam Saldo Anda Jelang Lebaran

ilustrasi : penipu--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID-Menjelang momen Lebaran, di mana aktivitas transaksi meningkat pesat, masyarakat perlu waspada terhadap berbagai modus penipuan yang dapat mengancam keamanan saldo dan sumber dana mereka. Berikut adalah beberapa modus penipuan yang perlu diwaspadai:

1. Phishing

Penipu mencoba untuk memperoleh informasi pribadi atau login Anda melalui email atau pesan palsu yang mengatasnamakan lembaga keuangan atau perusahaan resmi.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, mereka dapat membobol saldo Anda dengan mengakses akun Anda secara ilegal.

BACA JUGA:Waspada! Ada Penipuan Bermodus Jual Madu, Kasusnya Terungkap Tersangkanya Tertangkap

2. Skimming

Teknik di mana penipu memasang perangkat ilegal pada mesin ATM atau pembaca kartu untuk mencuri informasi kartu kredit atau debit Anda. Informasi yang diperoleh kemudian digunakan untuk mengakses akun Anda secara online dan membobol saldo.

3. Penggunaan Malware atau Virus

Penipu dapat menggunakan malware atau virus untuk menginfeksi perangkat Anda dan mencuri informasi pribadi atau login Anda. Dengan informasi tersebut, mereka dapat membobol saldo Anda secara online.

BACA JUGA:Penipuan Aplikasi DANA, Yuk Cek 5 Modus Penipuan yang Mengatasnamakan DANA, Simak Disini!

4. Pencurian Identitas

Penipu dapat mencuri identitas Anda melalui teknik seperti phishing, keylogging, atau hacking. Setelah mendapatkan informasi identitas Anda, mereka dapat mengakses akun Anda dan membobol saldo.

Selain itu, ada beberapa saldo atau sumber dana yang rawan hilang jelang Lebaran, termasuk saldo bank, saldo kartu kredit atau debit, saldo dompet digital, saldo e-wallet, dan saldo investasi.

Untuk melindungi saldo Anda dari modus penipuan dan potensi kehilangan jelang Lebaran, beberapa langkah yang dapat diambil antara lain:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: