Ternyata Aki Mobil Bisa Meledak: Benarkah?

Ternyata Aki Mobil Bisa Meledak: Benarkah?

ilustrasi--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID-Aki mobil, meskipun sering dianggap sebagai komponen yang sepele, memiliki potensi bahaya yang serius jika tidak dirawat dengan baik. Baru-baru ini, Astra Otoparts, pemegang merek GS Astra, memberikan pernyataan resmi tentang faktor-faktor yang dapat menyebabkan aki mobil meledak.

Menurut mereka, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah gas hidrogen, hasil dari reaksi kimia dalam aki, yang dapat menyebabkan ledakan ketika terpapar titik api. 

Akhmad Sandhipatria dari Astra Otoparts menjelaskan pentingnya memahami lokasi titik api dalam komponen aki dan mesin untuk mencegah ledakan. 

Atmahadi Widodo dari PT GS Battery menambahkan bahwa faktor internal seperti sentuhan antar plat dan faktor eksternal seperti kotoran pada kutub aki dan kabel juga dapat memicu ledakan.

BACA JUGA:Urutan Jumper Aki Mobil yang Tepat dan Aman Saat Waktu Mudik

Dia menyarankan untuk membersihkan aki secara teratur dan menjumper dengan benar agar tidak menimbulkan percikan api yang berpotensi bahaya.

Selain itu, lubang vent plug battery juga perlu diperiksa secara berkala untuk mencegah sumbatan yang dapat meningkatkan risiko ledakan.

Jadi, penting bagi para pengendara untuk memeriksa dan merawat aki mobil mereka dengan teliti guna menghindari potensi bahaya meledaknya aki. Dengan perawatan yang tepat, kita dapat memastikan keselamatan dan kinerja optimal dari kendaraan kita.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: