Lakukan yang Dicontohkan Rasulullah Ini, Agar Puasa Ramadhan Terasa Ringan

Lakukan yang Dicontohkan Rasulullah Ini, Agar Puasa Ramadhan Terasa Ringan

Ilustrasi.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pola hidup sehat ala Rasulullah SAW seharusnya selalu menjadi panduan bagi umat Islam, terutama saat puasa Ramadan. Sebentar lagi kita akan memasuki Ramadan 2024.

Pada bulan ini umat Islam diwajibkan untuk berpuasa, sesuai firman Allah:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS Al-Baqarah : 183).

BACA JUGA:dr. Zaidul Akbar: Hindari 5 Makanan Ini Selama Puasa, Nomor 5 Paling Menantang

Puasa Ramadan merupakan ibadah yang istimewa, di dalamnya terdapat malam yang kemuliaannya lebih baik dari seribu bulan.

Namun, terkadang menjalani puasa terasa berat. Untuk itu, berikut beberapa tips dari Rasulullah agar puasa terasa ringan:

1. Menjaga Kebersihan

Rasulullah SAW sangat menekankan pentingnya kebersihan. Dalam haditsnya, beliau menjelaskan bahwa Allah menyukai hal-hal yang suci dan bersih.

Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan dapat meminimalkan risiko penyakit dan penyebaran virus.

BACA JUGA:Dokter di Arab Sarankan 5 Tips Nyaman Minum Kopi Saat Puasa

2. Menjaga Pola Makan

Selama berpuasa, penting untuk menjaga pola makan. Konsumsi makanan sehat dan bergizi saat sahur dan berbuka, serta hindari makanan berlebihan yang dapat mengganggu pencernaan.

3. Sahur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: