Sumsel Capai 100 Persen Digitalisasi

Sumsel Capai 100 Persen Digitalisasi

ROADSHOW: Pj Gubernur Sumsel, A Fatoni saat menghadiri roadshow Sosialisasi Kriteria Championship TP2DD Wilayah Sumatera di The Excelton Hotel Palembang. Foto: dok/ist --

REL, Palembang - Pada tanggal 29 Februari 2024, Sumatera Selatan dipilih sebagai titik ke-2 dari lima wilayah terpilih untuk roadshow Sosialisasi Kriteria Championship TP2DD Wilayah Sumatera.

Acara ini juga menandai Sumatera Selatan sebagai tuan rumah, berlangsung di The Excelton Hotel Palembang.

Semester kedua tahun 2023, Sumatera Selatan mencatatkan prestasi gemilang sebagai satu-satunya wilayah di Sumatera yang telah mencapai 100 persen digitalisasi pada sistem pemerintahan daerahnya.

Prestasi ini menjadi pendorong bagi daerah tersebut untuk terus meningkatkan kualitas layanan publik dengan memanfaatkan teknologi, menjadikannya sebagai pemerintah daerah yang berada pada tahap maju.

BACA JUGA:Rayakan Haul Sulthon Auliya Syech Abdul Qodir Al-Jilani

Menurut Pj Gubernur Sumsel, A Fatoni, berdasarkan survei indeks ETPD semester kedua tahun 2023, seluruh Pemerintah Daerah di Sumatera Selatan, sebanyak 18 Pemda, masuk dalam kategori Pemda Digital.

Hal ini menandai peningkatan signifikan dari semester pertama tahun yang sama.

"Dengan pencapaian ini, kami ingin menunjukkan semangat dan komitmen pemerintah daerah di wilayah Sumsel dalam mensukseskan percepatan dan perluasan digitalisasi di daerah," ujar PJ Gubernur A. Fatoni.

Pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan pada tahun 2023 mencapai angka 5,08%, menjadikannya yang terbesar kedua di Sumatera, melewati angka nasional.

BACA JUGA:Langsung Injak Rem atau Kopling? Begini Teknik Mengurangi Kecepatan Mobil Manual

Prestasi ini juga tidak lepas dari dorongan transformasi digital yang mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19.

Selain itu, A. Fatoni menghimbau agar Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah di Sumatera Selatan memaksimalkan pengisian Championship TP2DD tahun 2024 dengan sungguh-sungguh.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik, efisiensi birokrasi, pertumbuhan ekonomi daerah, serta memperkuat sinergi dan kolaborasi antar daerah.

Ricky Gozali, perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumatera Selatan, menyoroti pergeseran perilaku masyarakat yang semakin mengarah kepada digitalisasi, yang mendorong pertumbuhan ekonomi di Sumatera Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: