Mobil Jarang Digunakan Belum Tentu Bisa Lebih Awet: Mitos atau Fakta?

Mobil Jarang Digunakan Belum Tentu Bisa Lebih Awet: Mitos atau Fakta?

ILUSTRASI.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Kondisi mobil biasanya dipengaruhi oleh lamanya digunakan, semakin sering dipakai, performanya cenderung menurun. Oleh karena itu, perawatan yang baik sangatlah penting.

Namun, anggapan bahwa mobil yang jarang digunakan akan lebih awet ternyata tidak sepenuhnya benar.

Menurut Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta, mobil yang jarang digunakan juga bisa mengalami kerusakan, terutama jika dibiarkan begitu saja tanpa perawatan.

"Setidaknya, mobil yang jarang digunakan harus tetap dioperasikan meski hanya dalam jarak pendek, agar semua sistem tetap berfungsi dengan baik. Jika terlalu lama tidak digunakan, mobil malah bisa mengalami kerusakan," ujar Hardi kepada Kompas.com, Senin (26/2/2024).

BACA JUGA:Ternyata Segini Besarannya, Berapa Biaya Untuk Isi Bensin Full Motor MotoGP?

Menurut Hardi, ada beberapa komponen mobil yang bisa mengalami penurunan performa meskipun jarang digunakan.

“Aki bisa terkuras jika mobil tidak digunakan dalam jangka panjang karena tidak terjadi proses pengisian. Tekanan angin ban juga bisa menurun jika mobil lama terparkir di garasi, sehingga pengguna tetap harus memeriksa kondisi ban secara rutin,” tambahnya.

Selain itu, mobil yang jarang digunakan juga membutuhkan perawatan interior dan eksterior agar tetap dalam kondisi baik.

BACA JUGA:Ini Sebabnya, Mesin Mobil Bisa Overheat Padahal Air Radiator Banyak

“Udara di Indonesia cenderung lembab, jadi mobil yang tidak digunakan selama seminggu, terutama saat musim hujan, bagian interiornya biasanya akan berjamur. Jika tidak dirawat, ini bisa merusak mobil,” ujar Hardi.

Hal serupa juga berlaku untuk bagian eksterior. Mobil yang jarang digunakan sebaiknya tidak diparkir di tempat terbuka atau terkena sinar matahari langsung karena dapat membuat cat mobil mudah kusam, begitu juga dengan mika lampu yang bisa menguning.

Ibrohim, Foreman Nissan Bintaro, menambahkan bahwa mobil yang lama tidak digunakan juga membutuhkan pemanasan secara rutin, namun demikian, mobil juga harus tetap digunakan agar semua komponen berfungsi dengan baik.

BACA JUGA:Tradisi Adu Betis di Sulawesi Selatan, Warisan Budaya yang Mengagumkan

“Banyak mobil hanya terparkir di garasi, padahal perlu digunakan agar tetap berfungsi dengan baik. Jadi, hanya memanaskan mesin saja tidaklah cukup," ucap Ibrohim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: