Dorong Kemandirian Ekonomi Lokal

Dorong Kemandirian Ekonomi Lokal

ACARA: Pelaksanaan acara Kick Off GERNAS BBI/PDN dan Gernas Bangga Berwisata Indonesia (BBWI) di Provinsi Sumsel Tahun 2024. Foto: dok/ist--

PALEMBANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pj Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni, menegaskan pentingnya Pelaksanaan Kick Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia/Produk Dalam Negeri (GERNAS BBI/PDN) dan Gernas Bangga Berwisata Indonesia (BBWI) di Provinsi Sumsel Tahun 2024.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk bangga menggunakan produk dalam negeri, tetapi juga untuk meningkatkan minat berwisata dalam negeri.

Dalam pernyataannya di Ballroom Sriwijaya Kantor OJK Provinsi Sumsel Babel pada Senin (26/2/2024), Fatoni menjelaskan bahwa upaya ini diperlukan untuk memperkuat perekonomian dan mewujudkan kemandirian ekonomi di Indonesia.

BACA JUGA:Ingatkan Pentingnya Memiliki SDM Berkualitas

Fatoni juga menghimbau kepada Kepala Daerah agar aktif mendukung dan mensukseskan Gernas tersebut.

Salah satunya adalah dengan melakukan sosialisasi secara luas kepada stakeholders, masyarakat, dan pelaku usaha untuk mendukung keberlanjutan program Gerakan Nasional serta mencantumkan logo BBI dan BBWI di berbagai kegiatan Pemerintah Daerah.

Selain itu, ia juga menyarankan agar dilakukan penyelenggaraan kegiatan Calender of Event (CoE) daerah yang terintegrasi dengan penyelenggaraan Gernas BBI dan BBWI.

BACA JUGA:Barcelona Belum Ajukan Tawaran untuk Alphonso Davies

Hal ini mencakup kegiatan promosi, pemasaran, dan penggunaan produk dalam negeri, serta memberikan dukungan pada UMKM dan program pendampingan untuk UMKM naik kelas.

Fatoni juga menekankan pentingnya memastikan bahwa program-program yang mendukung BBI dan BBWI terintegrasi ke dalam dokumen perencanaan daerah (RPJMD dan RKPD).

Selain dari pelaksanaan Kick Off Gernas BBI/PDN dan BBWI, juga diadakan Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA) Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sumatera Selatan Semester I Tahun 2024.

BACA JUGA:Kades Diingatkan Aturan dan Regulasi Saat Bertugas

Ini menunjukkan komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam mengakselerasi pembangunan ekonomi daerah.

Dengan upaya bersama dari berbagai pihak, diharapkan Gernas Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata Indonesia dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam menggerakkan perekonomian lokal serta meningkatkan minat wisata domestik di Provinsi Sumatera Selatan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: