Periksa Ini Jika Suara Mesin Mobil Terdengar Lebih Kasar dan Bergetar

Periksa Ini Jika Suara Mesin Mobil Terdengar Lebih Kasar dan Bergetar

Periksa Ini Jika Suara Mesin Mobil Terdengar Lebih Kasar dan Bergetar--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Suara mesin mobil yang halus biasanya tidak terlalu terdengar di dalam kabin karena kemajuan teknologi pada mesin modern dan sistem peredam suara yang lebih baik.

Namun, jika Anda mulai merasakan suara mesin yang lebih kasar dan getaran yang tidak biasa, ada beberapa hal yang perlu diperiksa.

Salah satu komponen yang perlu diperhatikan adalah engine mounting, atau dudukan mesin, yang bertugas menopang mesin di atas rangka mobil.

BACA JUGA:4 Keunggulan Mobil dengan Teknologi Mesin Hybrid

Komponen ini umumnya terbuat dari bahan karet yang berfungsi meredam getaran mesin.

Menurut Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta, jika engine mounting mengalami kerusakan atau keausan, kemampuannya dalam meredam getaran mesin akan berkurang.

Akibatnya, suara mesin menjadi lebih terasa di dalam kabin.

"Engine mounting memiliki masa pakai yang terbatas, dan semakin sering mobil digunakan, semakin banyak getaran yang dihasilkan oleh mesin, sehingga peran peredam pada dudukan mesin semakin penting," ujar Hardi.

BACA JUGA:Alasan Kamar Mandi Hotel Dekat Pintu Kamar: Mengapa Begitu?

Rusaknya engine mounting dapat disebabkan oleh berkurangnya kekuatan karet dalam menopang mesin, sehingga celah pemutus rambatan getaran hilang.

Seharusnya, mesin dan rangka mobil didesain sedemikian rupa sehingga getaran mesin tidak merambat ke kabin, namun jika karetnya sudah lelah, celah tersebut menjadi rapat, menyebabkan getaran mesin terasa lebih kuat di dalam kabin.

"Getaran mesin yang merambat ke rangka mobil membuat suara mesin terdengar lebih keras di dalam kabin, bahkan getaran bisa dirasakan oleh penumpang, sehingga komponen interior seperti dashboard dan roda kemudi ikut bergetar saat mesin bekerja, terutama saat mobil dalam keadaan stasioner," tambah Hardi.

BACA JUGA:Membuka Misteri Fenomena Gaib di Rumah Angker Jogja, Ada Apa Yah?

Jika Anda mengalami gejala tersebut, sebaiknya segera periksa kondisi engine mounting dan ganti dengan yang baru dan berkualitas baik untuk memastikan kenyamanan dan performa mobil Anda. (Pad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: