10 Langkah Mudah Mengemudi Mobil Matic untuk Pemula yang Dapat Dipelajari Sendiri

10 Langkah Mudah Mengemudi Mobil Matic untuk Pemula yang Dapat Dipelajari Sendiri

ILUSTRASI.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Jika Anda tinggal di kota dengan lalu lintas padat, menggunakan mobil matic bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengemudi dengan nyaman.

Mengemudi mobil matic tergolong sederhana, hanya perlu memperhatikan posisi tuas transmisi tanpa perlu menginjak pedal kopling seperti pada mobil manual.

Namun, bagi pemula yang baru pertama kali mengemudi mobil matic, perlu memperhatikan beberapa hal agar tetap aman dan terkendali.

Berikut adalah 10 cara mengemudi mobil matic yang mudah dipahami untuk pemula:

BACA JUGA:Pj Bupati Tutup Turnamen Bola Voli di Ulak Mengkudu, Tetap Menonton Ditengah Guyuran Hujan

1. Pelajari Tuas Transmisi: Pelajari fungsi-fungsi dari setiap posisi tuas transmisi, seperti P (Park), R (Reverse), N (Neutral), dan D (Drive), serta posisi 3, 2, dan 1 (atau L) jika tersedia.

2. Posisi Kaki: Gunakan kaki kanan untuk mengontrol pedal gas dan rem, sedangkan kaki kiri diletakkan di foot rest.

3. Menyalakan Mobil: Pastikan tuas transmisi berada pada posisi P sebelum menyalakan mesin. Beberapa mobil mungkin mensyaratkan injakan pedal rem sebelum menyalakan mesin.

BACA JUGA:Bawaslu Sumsel Tunggu Putusan DKPP

4. Memajukan Mobil: Geser tuas transmisi dari posisi P ke posisi D, sambil tetap menginjak pedal rem. Setelah itu, angkat secara perlahan injakan pedal rem untuk mulai bergerak.

5. Memundurkan Mobil: Geser tuas transmisi ke posisi R, pastikan mobil benar-benar berhenti, dan kemudian angkat injakan pedal rem secara perlahan untuk mulai mundur.

6. Berhenti di Kemacetan atau Lampu Lalu Lintas: Geser tuas transmisi ke posisi N jika berhenti cukup lama untuk menghindari kelelahan sistem transmisi. Jangan lupa tarik juga rem parkir (rem tangan).

BACA JUGA:Mengungkap Keberadaan Misterius Orang Bunian: Legenda, Penelitian, dan Pengalaman Mencengangkan di Kerinci! Be

7. Menyalip Kendaraan: Gunakan kick down pada pedal gas untuk berakselerasi atau ubah posisi gigi untuk memperoleh tenaga optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: