Peran Pemilih Pemula Tentukan Nasib Bangsa ke Depan

Peran Pemilih Pemula Tentukan Nasib Bangsa ke Depan

TANDA TANGAN: Pj Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni tandatangani papan dukungan sebagai bentuk mendukung dan mensukseskan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 di provinsi Sumatera Selatan. Foto: dok/ist--

PALEMBANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pendidikan politik bagi pemilih pemula (pelajar SMA/SMK/MA Negeri) se-Sumatera Selatan digelar di Asrama Haji Palembang, Kamis (18/1/2024). 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran politik kepada generasi muda yang akan menggunakan hak pilihnya untuk pertama kalinya pada pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024.

Acara ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni, yang dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peran pemilih pemula dalam menentukan arah dan kemajuan bangsa.

BACA JUGA:Barcelona Menang 3-1 Atas Unionistas de Salamanca di Copa del Rey

Ia mengajak para pelajar untuk menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya dan tidak golput.

"Peran adik-adik saat memilih sangat penting dan ikut menentukan kemajuan bangsa. Maka dari itu gunakanlah hak pilih ini sebaik-baiknya. Gunakanlah kesempatan pertama ini dengan memilih pemimpin yang akan membawa negara ini lebih baik lagi", ujar Fatoni.

Fatoni juga mengingatkan para pemilih pemula untuk menghindari berita-berita hoaks yang dapat menyesatkan dan merusak persatuan bangsa.

BACA JUGA:Pj Wako Sambut Audiensi BPOK Lubuk Linggau, Siap Bersinergi Awasi Peredaran Makanan dan Kosmetik

Ia meminta para pelajar untuk menjadi contoh bagi masyarakat dengan menjaga situasi kondisi di Sumsel tetap kondusif di tengah situasi politik.

"Adik-adik harus bisa jadi contoh untuk bisa menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya. Adik-adik juga harus menjaga kondisi situasi kondusif yang ada di Sumsel dengan menghindari berita hoaks dan tidak menyebarkannya", pesan Fatoni.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumsel, H. Alfajri Zabidi, mengatakan bahwa kegiatan pendidikan politik ini diikuti oleh 1.000 orang pelajar SLTA se-Sumsel yang hadir secara langsung dan 6.000 orang pelajar SLTA se-Sumsel yang hadir secara virtual.

BACA JUGA:Mengawasi Kenaikan Harga Barang: Tim Pemkab Empat Lawang Kunjungi Pasar Pulau Emas, Ambil Langlah Strategis

Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, pemilih pemula dapat memiliki pengetahuan dan sikap politik yang baik, sehingga mereka dapat menggunakan hak pilihnya dengan bijak dan bertanggung jawab. Kami juga berharap pemilih pemula dapat mendukung dan mensukseskan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 di provinsi Sumatera Selatan", ucap Alfajri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: