Gunung Semeru Erupsi, Tinggi Kolom Letusan Capai 700 Meter

Gunung Semeru Erupsi, Tinggi Kolom Letusan Capai 700 Meter

Gunung Semeru, salah satu gunung berapi aktif di Indonesia, mengalami erupsi pada Kamis dini hari (18/1/2024), pukul 00.16 WIB. -DISWAY NETWORK-

SURABAYA, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Gunung Semeru, salah satu gunung berapi aktif di Indonesia, mengalami erupsi pada Kamis dini hari (18/1/2024), pukul 00.16 WIB. 

Berdasarkan laporan Magma ESDM, tinggi kolom letusan mencapai 700 meter di atas permukaan laut, atau 4.376 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu erupsi teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah utara dan timur laut. 

Data seismograf merekam erupsi dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 120 detik, menunjukkan aktivitas vulkanik yang signifikan.

BACA JUGA:Aturan Baru 2024, Guru Wajib Pahami, Syarat Pencairan Tunjangan Sertfikasi

BACA JUGA:Mau Daftar CPNS 2024, Simak Penjelasan Berikut Ini, Cara Daftar, Syarat, Berkas dan Jadwalnya

Masyarakat dan wisatawan yang berada di sekitar Gunung Semeru diminta untuk meninggalkan sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi). 

Di luar jarak tersebut, dilarang melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) sepanjang Besuk Kobokan, karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

Masyarakat juga diminta untuk tidak beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru, karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar). 

Waspada terhadap potensi awan panas, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat, serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

BACA JUGA:Gemparkan Dunia, Ternyata Ini Misteri dan Sejarah Kota Palangkaraya! Rahasia Tersembunyi di Balik Pendiriannya

BACA JUGA:Menarik Bukan, 1.3 Ton Uang Kertas di Jadikan Bahan Bakar CPO

Hingga saat ini, pihak berwenang terus memantau perkembangan situasi dan memberikan peringatan kepada masyarakat agar tetap waspada. 

Gunung Semeru tetap dalam status siaga, dan masyarakat diminta untuk mengikuti petunjuk dan informasi resmi yang disampaikan oleh otoritas terkait. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: