Bawang Naik Cabai Turun

Bawang Naik Cabai Turun

Pasar Tradisional di Sumatera Selatan (Sumsel). Foto: dok/ist.--

PALEMBANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Harga sejumlah bahan pangan di Sumatera Selatan tercatat mengalami penurunan dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Menurut data dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) pada Minggu (14/1/2024) pukul 10.22 WIB, dari 20 komoditas yang dipantau, 9 komoditas mengalami kenaikan harga, sementara 11 komoditas mengalami penurunan.

Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga antara lain daging sapi murni, bawang merah, bawang putih bonggol, beras premium, dan jagung tingkat peternak. 

BACA JUGA:Kompetisi Code Blue Catat Peserta Terbanyak di Dunia

Sementara itu, harga komoditas seperti gula konsumsi, tepung terigu (curah), tepung terigu kemasan (non-curah), ikan bandeng, dan beras medium mengalami penurunan dibandingkan dengan harga kemarin.

Penting untuk dicatat bahwa komoditas jagung tingkat peternak mencatat lonjakan harga paling tinggi, yaitu sebesar Rp1.000 atau 12,5%, sehingga mencapai Rp9.000 per kg.

Di sisi lain, harga cabai rawit merah mengalami penurunan paling rendah, sebesar Rp3.040 atau 5,89%, menjadi Rp48.570 per kg.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Ajak OPD Bersatu Hadapi Bencana

Perubahan harga ini dapat memiliki dampak signifikan pada kestabilan ekonomi masyarakat, terutama para pelaku usaha dan konsumen.

Pihak terkait diharapkan terus memonitor dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan harga bahan pangan di pasar lokal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: