Rekrutmen CPNS 2024: Pengumuman Jokowi Dilakukan Awal Januari

Rekrutmen CPNS 2024: Pengumuman Jokowi Dilakukan Awal Januari

Presiden Indonesia, Joko Widodo.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersiap mengumumkan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun depan, khususnya untuk lulusan baru alias fresh graduate.

Menteri PAN-RB Azwar Anas menyatakan bahwa pengumuman rekrutmen CPNS 2024 kemungkinan besar akan dilakukan pada minggu pertama bulan Januari 2024.

Azwar Anas menegaskan bahwa jumlah rekrutmen belum dapat diumumkan saat ini, namun Presiden dijadwalkan akan mengumumkannya pada minggu pertama bulan Januari.

BACA JUGA:Jelang Pergantian Tahun Baru di Pasar Tebing Tinggi: Harga Jagung Manis Melonjak

Dia juga menyebutkan bahwa prioritas utama akan diberikan pada penyelesaian rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 1,6 juta orang.

Menurut Azwar Anas, pemerintah akan fokus merekrut PNS khusus lulusan baru, yang sebelumnya belum banyak dilakukan.

Hal ini sebagai langkah untuk mendukung talenta digital yang dibutuhkan dalam proses digitalisasi pemerintahan.

BACA JUGA:Mengatasi Uban Prematur dengan Tomat, Kopi, dan Minyak Zaitun: Cara Alami dan Efektif

"Sementara ini belum ada rekrutmen khusus fresh graduate kecuali Kejaksaan kemarin, dan totalnya cukup besar tahun ini," ujarnya.

Fokus rekrutmen PNS fresh graduate akan terutama pada talenta digital yang dibutuhkan di berbagai sektor, termasuk sektor pertanian.

Azwar Anas menjelaskan bahwa ini tidak hanya berkaitan dengan aspek marketing digital, tetapi lebih ke hulu, seperti pengembangan teknologi digital di sektor pertanian.

BACA JUGA:Soekarno: Antara Mitos dan Realitas Menurut Pengakuan Mbak Menur

Sejalan dengan informasi dari detikcom, kebijakan pemenuhan formasi PNS di tahun depan akan difokuskan pada pemenuhan kebutuhan PNS dalam sektor pelayanan dasar, terutama guru dan tenaga kesehatan.

Proyeksi kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di tahun 2024 akan melibatkan instansi pusat, instansi daerah, dan lulusan sekolah kedinasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: