Bongkar Fakta Unik di Kabupaten Cilacap, Antara Daratan dan Laut yang Memesona!

Bongkar Fakta Unik di Kabupaten Cilacap, Antara Daratan dan Laut yang Memesona!

Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.-DISWAY NETWORK-

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Kabupaten Cilacap, yang secara geografis merupakan kabupaten terluas di Provinsi Jawa Tengah, menggambarkan panorama yang luas dan beragam. 

Dengan jarak mencapai 152 Km dari Kecamatan Dayeuhluhur hingga Kecamatan Nusawungu, serta 35 Km dari Kecamatan Cilacap Kota ke Kecamatan Sampang, Kabupaten ini menghadirkan kekayaan alam yang luar biasa.

BACA JUGA:Nama-nama 35 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah, Berikut Ibukota, Luas dan Jumlah Penduduknya

Dikelilingi oleh batas-batas wilayah administrasi yang mencakup utara hingga Kabupaten Brebes dan Kabupaten Kuningan, sebelah selatan yang berbatasan dengan Samudra Indonesia, sebelah barat yang bertetangga dengan Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran (Provinsi Jawa Barat), serta sebelah timur yang terhubung dengan Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banyumas. Kabupaten Cilacap menjadi pusat harmoni antara daratan dan laut.

Peta Wilayah Administrasi Kabupaten Cilacap membuka pandangan terperinci tentang struktur administratifnya. 

BACA JUGA:Brebes dan Tegal Apa Hubunganya? Berikut Misteri Tersembunyi dan Asal-Usul Nama Brebes!

Dengan luas wilayah mencapai 213.850 Ha (tidak termasuk Pulau Nusakambangan seluas 11.511 Ha), Kabupaten Cilacap menempati sekitar 6,94% dari total luas Provinsi Jawa Tengah.

Terdapat perbedaan signifikan dalam luas wilayah antar kecamatan di Kabupaten Cilacap. Kecamatan Wanareja memimpin dengan luas 18.973,31 Ha, sementara Kecamatan Cilacap Selatan memperlihatkan kekompakan dengan luas 910,61 Ha. 

Dengan administrasi yang terorganisir, Kabupaten Cilacap terbagi menjadi 24 Kecamatan, 269 Desa, 15 Kelurahan, 2.319 rukun warga (RW), dan 10.463 rukun tetangga (RT).

Menghadap ke masa depan, Kabupaten Cilacap tidak hanya mencirikan keindahan alamnya, tetapi juga melambangkan keteraturan administratif dan kesatuan masyarakatnya. 

BACA JUGA:Rahasia Makna Mendalam di Balik Nama Kabupaten Boyolali! Kamu Harus Tahu!

Sebagai bagian integral dari Jawa Tengah, Kabupaten Cilacap terus berkembang, menjadi cerminan keberagaman dan potensi yang dimiliki oleh Indonesia di tengah-tengah dinamika global.

Destinasi Wisata di Kabupaten Cilacap

Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menyajikan sejumlah destinasi wisata yang menggoda para pengunjung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: