Kabupaten Ini Punya Potensi Kayu, Emas, dan Damar yang Melimpah

Kabupaten Ini Punya Potensi Kayu, Emas, dan Damar yang Melimpah

Kabupaten Kapuas Hulu adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. -DISWAY NETWORK-

BACA JUGA:Kabupaten Sekadau, Terletak di Segitiga Emas Transportasi dengan Potensi Luar Biasa!

Kabupaten Kapuas Hulu juga memiliki potensi di bidang ikan hias, terutama ikan arwana, yang merupakan ciri khas daerah ini. Ikan arwana memiliki nilai ekonomi tinggi dan diminati oleh banyak pecinta ikan hias.

4. Perdagangan

Kabupaten Kapuas Hulu memiliki potensi di bidang perdagangan, terutama dengan negara tetangga, Malaysia. 

Kabupaten Kapuas Hulu memiliki dua pos lintas batas negara (PLBN), yaitu PLBN Badau dan PLBN Nanga Badau. 

BACA JUGA:Sintang Terkini! Potensi Daerah dari Perkebunan hingga Pariwisata di Kalimantan Barat

PLBN Badau merupakan pintu masuk utama bagi warga Indonesia yang ingin berbelanja ke Serikin, Sarawak, yang terkenal dengan pasar mingguannya. 

PLBN Nanga Badau merupakan pintu masuk utama bagi warga Malaysia yang ingin berbelanja ke Putussibau, terutama produk-produk pertanian dan perikanan. 

Selain itu, Kabupaten Kapuas Hulu juga memiliki pasar tradisional dan modern yang menjual berbagai kebutuhan masyarakat.

5. Pariwisata:

BACA JUGA:Misteri dan Sejarah Kota Pontianak, Jejak Mistis Peluru Meriam dan Hantu Kuntilanak

Kabupaten Kapuas Hulu memiliki potensi di bidang pariwisata, baik alam, budaya, maupun sejarah. 

Beberapa objek wisata alam yang menarik di Kabupaten Kapuas Hulu antara lain Taman Nasional Danau Sentarum, Taman Nasional Betung Kerihun, Danau Empangau, Danau Semujan, Danau Menteba, Sungai Ikan, Sungai Kapuas, Air Terjun Sintun, Air Terjun Medang Pulang, Air Terjun Sarai Ngeri, Goa Beluan, Goa Kaki Muler, dan Bukit Libang. 

Beberapa objek wisata budaya yang menarik di Kabupaten Kapuas Hulu antara lain Rumah Betang Sungai Utik, Rumah Betang Melapi, Rumah Betang Orpanimpan, Rumah Betang Mualang, Rumah Betang Taman, Rumah Betang Tamambaloh, Rumah Betang Bukit, dan Tenun Sadap. 

Beberapa objek wisata sejarah yang menarik di Kabupaten Kapuas Hulu antara lain Pos Intai Bukit Vandreng, Makam Pangeran Suma, Makam Pangeran Mas Surya Negara, Makam Pangeran Adipati Singa Dharma, dan Makam Pangeran Adipati Surya Kusuma. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: