1.500 Relawan Damkar Siap Bantu Pemkab Lahat Atasi Kebakaran

1.500 Relawan Damkar Siap Bantu Pemkab Lahat Atasi Kebakaran

Sebanyak 1.500 relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) di Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Lahat resmi dikukuhkan oleh Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid.S.STP.M.Si, pada Kamis (21/12/2023). -DISWAY NETWORK-

LAHAT, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Sebanyak 1.500 relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) di Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Lahat resmi dikukuhkan oleh Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid.S.STP.M.Si, pada Kamis (21/12/2023). 

Pengukuhan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan keterlibatan masyarakat dalam menghadapi bencana kebakaran yang sering terjadi di wilayah tersebut.

Dalam sambutannya, Farid mengatakan bahwa Kabupaten Lahat masih memiliki keterbatasan dalam mencapai Standar Pelayanan Minimal (SPM) terkait kebakaran.

Ia mengungkapkan bahwa saat ini hanya ada 5 pos Pemadam Kebakaran dengan 95 orang personel yang tersebar di seluruh kabupaten. 

BACA JUGA:Jelang Natal dan Tahun, Ini Pesan Pj Bupati dan Kapolres Kepada Warga

Padahal, jumlah kejadian kebakaran di Kabupaten Lahat cukup tinggi, yaitu 190 kasus, ditambah 45 kasus penyelamatan, dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

"Kami sangat berterima kasih kepada Camat, Lurah, Kepala Desa, dan masyarakat yang telah mendukung pembentukan relawan damkar ini. Kami berharap dengan adanya relawan damkar ini, kita bisa lebih cepat dan tanggap dalam menangani kebakaran, serta mengurangi dampak kerugian yang ditimbulkan," kata Farid.

Farid juga berpesan kepada relawan damkar agar menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional, serta mengutamakan keselamatan diri dan orang lain. 

Ia mengatakan bahwa relawan damkar merupakan mitra kerja Pemerintah Kabupaten Lahat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam bidang penanggulangan kebakaran dan penyelamatan.

BACA JUGA:Pimpin Serah Terima Jabatan Kasat Narkoba dan Kasat Samapta, Ini Penyampaian Kapolres Lahat

"Relawan damkar ini bukan sekadar simbolis, tetapi harus benar-benar berfungsi dan berkontribusi," ucapnya.

Relawan damkar ini tamba dia, harus memiliki kemampuan, keterampilan, dan peralatan yang memadai untuk melakukan pemadaman dan penyelamatan. 

"Relawan damkar ini juga harus memiliki jiwa sosial dan kemanusiaan yang tinggi, karena tugas mereka adalah melindungi nyawa, raga, dan harta benda masyarakat," tegas Farid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: