Pernyataan Saleh Partaonan Daulay Terkait Video Zulkifli Hasan, Praktek Salah Dua Jari Saat Tahiyat

Pernyataan Saleh Partaonan Daulay Terkait Video Zulkifli Hasan, Praktek Salah Dua Jari Saat Tahiyat

PAN buka suara soal ramai tudingan penodaan agama oleh Zulkifli Hasan. Foto: dok/CNN Indonesia.--

JAKARTA, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Ketua Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay, menegaskan bahwa video viral ucapan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, terkait praktek salat dengan menggerakkan dua jari pada tahiyat atau tasyahud tidak bermaksud melecehkan agama.

"Dalam video tersebut, jika diikuti secara keseluruhan, dapat dipahami bahwa Zulkifli Hasan ingin mengajak semua pihak untuk menjaga agar pilpres tetap teduh, tertib, aman, dan damai. Tidak ada sedikit pun maksud untuk melecehkan agama," kata Saleh dalam keterangannya, Rabu (20/12).

BACA JUGA:Tol Indralaya-Prabumulih Masuk Daftar 11 Tol Gratis Sepanjang Liburan Nataru 2024

Menurut Saleh, video terkait praktik salat oleh Zulkifli Hasan memerlukan pemaknaan lengkap, dan ia menilai ada pihak yang memotong video tersebut, menciptakan kesan bahwa Zulkifli Hasan diduga menista agama.

"Padahal, di banyak tempat, Bang Zulhas selalu mengingatkan agar umat beragama selalu rukun dalam segala situasi," tambahnya.

Saleh berharap semua pihak tetap berbaik sangka terhadap Zulkifli Hasan, mengingat tidak ada rekam jejak buruk terhadap agama Islam.

BACA JUGA:Mau Liburan? Ini Jadwal Cuti Bersama Nataru 2024

Ia menyoroti bahwa Zulkifli Hasan aktif terlibat dalam banyak agenda umat hingga saat ini.

"Bang Zulhas itu memberi contoh agar mudah dipahami masyarakat. Yang gampang diingat mungkin ya pada akhir bacaan surat Al-Fatihah. Termasuk gerakan jari pada saat tahiyyat. Dalam konteks ini, Bang Zulhas mengingatkan bahwa tarikan politik begitu luar biasa. Dia khawatir, umat terpecah," ujar Saleh.

Saleh juga mencatat adanya video serupa dari Abdul Somad dan Adi Hidayat, dengan pernyataan yang kurang lebih sama, namun tidak mendapatkan sebutan sebagai penistaan.

BACA JUGA:Cara Membuat Jamu Daun Pandan yang Lezat dan Menyehatkan

"Bang Zulhas itu kagum dengan kedua ustad tersebut. Dia menganggap mereka adalah guru-guru terbaik. Lalu, bahan ceramah mereka dikutip. Itulah yang disampaikannya dalam video tersebut," jelasnya.

Sebelumnya, dalam video yang beredar, Zulkifli Hasan menyatakan bahwa kini banyak orang yang salat dan tidak lagi menggerakkan satu jari ketika duduk tasyahud.

Menurutnya, banyak yang menggerakkan dua jari karena cinta dengan calon presiden Prabowo Subianto menjelang Pilpres 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: