Persib Bandung Rubah Hari Jadinya, Kini Jadi 5 Januari 1919

Persib Bandung Rubah Hari Jadinya, Kini Jadi 5 Januari 1919

Logo Persib Bandung. Foto: dok/ist.--

BANDUNG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) baru-baru ini mengumumkan perubahan hari jadi Persib Bandung dari tanggal sebelumnya, 14 Maret 1933, menjadi 5 Januari 1919.

Pengumuman ini merupakan hasil dari riset yang dilakukan oleh Tim Peneliti Hari Jadi Persib Bandung yang dipimpin oleh Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran, Prof. Kunto Sofianto, Ph.D.

Penetapan tanggal 5 Januari 1919 sebagai hari jadi Persib Bandung didasarkan pada riset yang dilakukan oleh tim peneliti, yang melibatkan analisis sumber primer dan sumber sezaman.

BACA JUGA:Tahan Imbang Liverpool di Anfield, Performa Onana Tuai Pujian

Kunto Sofianto menjelaskan bahwa perubahan ini menjawab keraguan dan kekosongan informasi yang ada dalam satu dekade terakhir, terutama yang dirasakan oleh pegiat literasi, jurnalis, dan Bobotoh PERSIB.

Salah satu alasan perubahan ini adalah karena Persib (Bandoengsch Inlansch Voetbal Bond/BIVB) dianggap salah satu pendiri PSSI pada 19 April 1930.

Dalam perspektif sejarah, Persib Bandung haruslah sudah ada sebelum mendirikan PSSI.

BACA JUGA:Mengatasi Permasalahan TKI dan Melindungi Perempuan serta Anak DPPPA Buka call center Layanan Pengaduan

Menurut Kunto, tanggal 14 Maret 1933, yang sebelumnya dipercayai sebagai hari jadi Persib, tidak memiliki dasar sejarah yang kuat ketika dikaitkan dengan peran BIVB dalam pendirian PSSI pada 19 April 1930.

Hasil riset menyatakan bahwa tanggal 5 Januari 1919 merupakan interpretasi yang paling masuk akal sebagai hari kelahiran Persib Bandung, didukung oleh bukti sejarah primer yang kuat.

Selama proses penelitian, lima titimangsa (asal usul) ditemukan oleh tim peneliti, namun setelah melalui langkah-langkah ilmiah dan uji publik melalui Focus Group Discussion (FGD), mereka memastikan bahwa 5 Januari 1919 dapat dijadikan hari jadi Persib.

BACA JUGA:Pahlawan Malam Bripda Muhammad Iqro Hidayatullah: Menggagalkan Pencurian Sepeda Motor

Dasar penetapan 5 Januari 1919 sebagai hari jadi Persib Bandung adalah momen kesepakatan dalam pertemuan 13 klub pribumi untuk mendirikan Bandoengsch Inlansch Voetbal Bond (BIVB).

Fakta ini terungkap dalam pemberitaan surat kabar Kaoem Moeda edisi 7 Januari 1919.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: