Komisi IX DPR RI Minta Pemprov Sumsel Gencarkan Program Berkah

Komisi IX DPR RI Minta Pemprov Sumsel Gencarkan Program Berkah

IKUTI: Anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani saat mengikuti pertemuan kunjungan kerja reses Komisi IX DPR RI ke Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (6/12/2023). FOTO: DOK/IST.--

PALEMBANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan merespon kebutuhan kesehatan masyarakat dengan meluncurkan program Jaminan kesehatan Sumsel Berobat Pakai KTP (Berkah).

Komisi IX DPR RI memberikan apresiasi terhadap langkah ini, menganggapnya sebagai upaya menyamaratakan layanan kesehatan.

Irma Suryani, anggota Komisi IX DPR RI, mengungkapkan bahwa meskipun Pemda telah menyediakan anggaran untuk memungkinkan masyarakat berobat hanya dengan menunjukkan KTP, masih sedikit masyarakat yang mengetahui hal ini.

BACA JUGA:Dorong Akselerasi Digitalisasi Pembayaran Melalui QRIS

Saat kunjungan reses ke Provinsi Sumatera Selatan, Irma menekankan pentingnya sosialisasi dari kepala desa untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kemudahan mendapatkan layanan kesehatan ini.

Nurhayati, anggota Komisi IX DPR RI, juga memberikan apresiasi terhadap langkah Pemda dalam mencapai target perlindungan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) minimal 98 persen pada tahun 2024.

Menurutnya, pemerintah perlu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan melakukan sosialisasi agar manfaat dari program ini dapat dinikmati oleh sebanyak mungkin orang.

BACA JUGA:6 Nama Calon Ketua PWI Sumsel Muncul di Ajang Pemilihan

Dari 17 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan, 11 di antaranya sudah mencapai Universal Health Coverage (UHC).

Program Berkah Kesehatan, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020, menjadi bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Layanan kesehatan berbasis KTP ini fokus pada masyarakat yang terdaftar dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), memastikan bahwa manfaatnya tepat sasaran.

BACA JUGA:Upaya Polres Empat Lawang dalam Meningkatkan Pelayanan Kepolisian Melalui Program Strong Point

Program ini diharapkan tidak hanya menjadi terobosan kesehatan, tetapi juga menjadi tonggak menuju pemenuhan hak kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat Sumatera Selatan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: