Gunung Marapi di Sumbar Erupsi Lagi, Hujan Abu Vulkanik Melanda Tiga Daerah

Gunung Marapi di Sumbar Erupsi Lagi, Hujan Abu Vulkanik Melanda Tiga Daerah

Gunung Marapi di Sumbar Erupsi Lagi, Hujan Abu Vulkanik Melanda Tiga Daerah.--

SUMBAR, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Gunung Marapi, yang terletak di wilayah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), kembali meletus hari ini.

Sebelum erupsi, gunung tersebut sempat mengeluarkan suara dentuman keras.

Putri salah seorang warga Sungai Pua, Kabupaten Agam, menyebutkan bahwa kepanikan melanda warga setempat akibat erupsi Gunung Marapi. Saat ini, menurutnya, hujan abu vulkanik mengguyur Sungai Pua.

"Tadi dentuman cukup keras, abu vulkanik cukup tinggi juga. Untuk saat ini, warga ada yang mengungsi dan ada yang memilih berdiam diri dalam rumah. Karena hujan vulkanik masih menguyur," katanya pada detikSumut, Minggu (3/12/2023).

BACA JUGA:Sebelas Pendaki Ditemukan Tewas di Lokasi Erupsi Gunung Marapi

Data yang dihimpun detikSumut mencatat bahwa hujan abu vulkanik melanda beberapa daerah di sekitar kaki Gunung Marapi, termasuk daerah Agam, Tanah Datar, dan Bukittinggi.

Sampai saat ini, belum ada laporan korban jiwa akibat erupsi Gunung Marapi yang diterima detikSumut.

PVMBG Pos Pengamatan Gunung Marapi, Ahmad Rifandi, menyebut bahwa Gunung Marapi mengalami erupsi selama 4 menit 41 detik. Ketinggian erupsi ini, menurutnya, mencapai 30 mm.

BACA JUGA:Letusan Gunung Marapi Terdengar hingga Bukittinggi, Suara Dentuman dan Semburan Abu Vulkanik yang Mencengangka

"Durasi erupsi berlangsung selama 4 menit lebih. Kejadian ini tercatat pada pukul 14:54 WIB," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima detikSumut.

Saat ini, Gunung Marapi berada pada level 2. Dalam level 2 ini, masyarakat dan pengunjung Gunung Marapi dilarang berada dalam radius 3 kilometer di area tersebut.

"Kami mengimbau masyarakat untuk menjauh dari radius 3 kilometer di sekitar Gunung Marapi," tutupnya. (Pad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: