Ketersediaan Pupuk Melimpah Hingga Januari 2024

Ketersediaan Pupuk Melimpah Hingga Januari 2024

SEBUT: Kepala Dinas Pertanian OKU Timur, Junadi, SP, MM menyebut menjelang masuk masa tanam stok maupun ketersedian pupuk aman dan terpenuhi. Foto: dok/ist.--

OKU TIMUR, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Junadi, SP, MM, Kepala Dinas Pertanian OKU TIMUR, menjamin bahwa stok pupuk di wilayahnya mencukupi untuk masa tanam Desember 2023 hingga Januari 2024.

Pada Jumat (01/12/2023), Junadi mengumumkan bahwa kuota pupuk untuk petani di Bumi Sebiduk Sehaluan bahkan masih memiliki surplus.

Dengan rincian ketersediaan pupuk, Junadi menjelaskan bahwa stok Urea mencapai 16.365 ton dan NPK sebanyak 9.599 ton.

Sementara kebutuhan pupuk petani Urea hanya 13.481 ton dan NPK 8.248 ton. 

BACA JUGA:KPU Menjelaskan Alasan Tanpa Jadwal Debat Cawapres dalam Pilpres 2024

"Tidak akan ada kelangkaan pupuk pada masa tanam Desember 2023, karena antara stok dan kebutuhan masih surplus," ungkap Junadi.

Dari total stok pupuk, baru sekitar 7.205 ton Urea dan 3.707 ton NPK yang telah ditebus oleh petani.

Junadi memastikan sisa alokasi pupuk mencapai 9.160 ton Urea dan 5.892 ton NPK, ditambah sisa kelebihan.

Junadi mendesak petani segera melakukan penebusan pupuk subsidi untuk memastikan kelancaran masa tanam Desember dan Januari.

BACA JUGA:Misteri Pujuk Song, Sejarah Goa Tempat Pertapaan di Jawa Timur, Penemuan Orang Bertapa Membatu Hidup Lagi

Dalam upaya mengawasi ketersediaan pupuk, pihaknya telah terjun langsung ke lapangan dan menerbitkan surat edaran untuk mendorong petani melakukan penebusan tepat waktu.

Selain itu, mantan Kadin Ketahanan Pangan OKU Timur ini juga memberikan peringatan kepada pengecer untuk menyediakan pupuk non-subsidi bagi petani yang tidak mendapatkan bantuan subsidi. 

"Jika ada petani yang tidak mendapatkan pupuk subsidi, segera laporkan kepada saya. Kami akan memastikan kontrol penuh untuk memenuhi kebutuhan pupuk petani," tegasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: