Hutama Karya Cepatkan Proyek Tol Bangkinang-Koto Kampar, Kapan Selesai?

Hutama Karya Cepatkan Proyek Tol Bangkinang-Koto Kampar, Kapan Selesai?

Tol Bangkinang-Koto Kampar. Foto: dok/ist.--

PEKANBARU, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - PT Hutama Karya (Persero) atau HK mengumumkan bahwa progres konstruksi pembangunan Jalan Tol PEKANBARU-Padang, Seksi Bangkinang-Pangkalan tahap 1, yaitu Bangkinang-Koto Kampar, telah mencapai 88,21%.

Dari akun resmi Instagram Hutama Karya, terungkap bahwa jalan tol ini akan memotong waktu perjalanan dari Bangkinang menuju Koto Kampar menjadi hanya 20 menit.

"Progres tol Bangkinang - Koto Kampar mencapai 88,21%, menghubungkan Kota Pekanbaru dan Kota Bangkinang Kecamatan XIII Koto Kampar," ungkap manajemen HK pada Kamis (30/11/2023).

BACA JUGA:Buruh Gelar Demo dan Mogok Nasional, Pengusaha Menyampaikan Posisi

Jalan tol ini, yang dibangun sejak pertengahan 2019 dengan panjang total 24,7 km, diharapkan selesai pada akhir 2023.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro, juga mengkonfirmasi bahwa masyarakat dapat menikmati jalan tol ini dalam waktu dekat.

Lebih rinci, Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar akan dilengkapi dengan jembatan layang di atas lembah, menawarkan pemandangan alam yang indah.

BACA JUGA:Gadis Palembang Hilang Sepekan Jelang Pernikahannya, Orang Tua Laporkan ke Polisi

Ruas tol ini melintasi lembah dengan kedalaman hingga 30 meter dan panjang hingga 500 meter, memerlukan pembangunan tiga jembatan.

“Kita telah melakukan beberapa kajian mengenai tipe jembatan, termasuk box beton (Box Girder), gelagar beton, hingga girder dengan struktur sambungan pin (Unibridge). Setelah pertimbangan, metode unibridge dipilih," ungkap Koentjoro.

Jembatan tersebut, bernama Jembatan Gadang 1 dan Jembatan Gadang 2, berlokasi di Desa Pulo Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar.

BACA JUGA:Benar atau Tidak? Guru Ahmad Menjadi Imam Sholat di Masjid Kota Gaib Saranjana

Jembatan ketiga, Jembatan Alai 1, berada di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar.

Jalan tol ini dengan jembatan unibridge akan menjadi yang pertama di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS). (Pad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: