JIS Terbukti Unggul, FIFA Puji Kualitas Lapangan

JIS Terbukti Unggul, FIFA Puji Kualitas Lapangan

TERGENANG: Lapangan JIS tergenang air dalam beberapa pertandingan Piala Dunia U-17 2023. Foto: dok/ist.--

JAKARTA, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - FIFA memberikan apresiasi positif terhadap Jakarta International Stadium (JIS) setelah lapangan stadion tersebut tergenang air dalam beberapa pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

Meskipun insiden cuaca ekstrem terjadi saat pertandingan Brasil vs Argentina, FIFA memberikan pujian kepada JIS sebagai venue terbaik dari tiga stadion lainnya yang digunakan dalam turnamen tersebut.

Sebanyak 16 pertandingan, mulai dari fase grup hingga babak perempat final, sukses dilangsungkan di JIS dalam waktu 15 hari.

BACA JUGA:Cristiano Ronaldo Raih Pujian Usai Tolak Penalti Kontroversial

Meski sempat ditunda akibat cuaca buruk, pertandingan tersebut dapat dilanjutkan, dan FIFA membantah bahwa penundaan itu disebabkan oleh genangan air.

FIFA Pitch Management menilai kualitas lapangan JIS sebagai yang terbaik, dengan sistem drainase dan rumput yang sangat baik.

Mereka mencatat bahwa lapangan dengan visibilitas rumput yang baru dipasang tiga minggu sebelum turnamen mampu menyerap air dengan cepat setelah hujan intensitas tinggi.

BACA JUGA:Timnas Mali U-17 Berambisi Ciptakan Sejarah di Piala Dunia U-17 2023

Dalam keterangannya, Pitch Management FIFA menyatakan bahwa meskipun visibilitas rumput belum maksimal, pantulan dan aliran bola selama 16 pertandingan di JIS merupakan yang terbaik dibandingkan dengan dua stadion lainnya.

Hal ini membuktikan bahwa kualitas lapangan JIS memenuhi persyaratan FIFA secara menyeluruh, memungkinkan penyelenggaraan pertandingan internasional.

Meski 16 pertandingan dilakukan dalam tempo 15 hari, FIFA menilai rumput JIS tetap optimal. Dalam perbandingan dengan kompetisi lain, JIS layaknya memainkan jumlah pertandingan setara dengan setengah musim liga dalam waktu yang singkat.

BACA JUGA:Unai Emery Memastikan Douglas Luiz Tetap di Aston Villa

Dengan demikian, keberhasilan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di JIS menjadi prestasi yang membanggakan.

Saat ini, sisa pertandingan Piala Dunia U-17, yakni semifinal dan partai puncak, akan digelar di Stadion Manahan, Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: