Revitalisasi Danau OPI Hampir Rampung

Revitalisasi Danau OPI Hampir Rampung

KEMAJUAN: Revitalisasi Danau OPI di Kota Palembang telah mencapai kemajuan signifikan, mencapai 76 persen dari keseluruhan pekerjaan. Foto: dok/ist.--

PALEMBANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Sumatra Selatan mengumumkan bahwa proyek revitalisasi Danau OPI di Kota Palembang telah mencapai kemajuan signifikan, mencapai 76 persen dari keseluruhan pekerjaan.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Herwam, menyampaikan update proyek ini pada Sabtu.

Pekerjaan yang sedang dilakukan melibatkan penggalian, pembuatan tembok penahan tanah, pembangunan jalur pejalan kaki (jogging track), dermaga, menara pantau, dan plaza seluas 6.000 meter persegi.

BACA JUGA:Jalan Santai Serentak dan Senam Bugar Bersama Meriahkan HUT KORPRI

Total anggaran untuk tahap kedua proyek ini mencapai Rp28 miliar, dengan total keseluruhan anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp46 miliar.

Revitalisasi Danau OPI, yang memasuki tahap kedua, memiliki tujuan ganda.

Pertama, untuk pengendalian banjir dengan memanfaatkan kapasitas besar danau yang mampu menampung 272 ribu meter kubik air.

Kedua, menjaga aset Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dengan membersihkan lahan dari bangunan liar yang dapat mengancam keberlanjutan lingkungan.

BACA JUGA:Mantan Gubernur Sumsel Gabung Tim Kampanye Daerah Prabowo-Gibran

Menurut Herwam, "Sebab makin lama masyarakat tinggal di sini bisa menguasai lahan ini kalau tidak diperbaiki."

Danau OPI juga direncanakan sebagai pusat rekreasi baru bagi masyarakat Palembang.

Dengan luas lahan lebih dari 13 hektare, proyek ini tidak hanya mencakup infrastruktur untuk pengendalian banjir tetapi juga fasilitas olahraga, ruang untuk UMKM, dan area rekreasi.

Herwam menjelaskan, "Ada juga 'jogging track' sepanjang 1,4 kilometer. Untuk tahap dua ditargetkan selesai tahun ini dan dilanjutkan tahap tiga seperti tempat olahraga.”

BACA JUGA:Kai Havertz Hantarkan Arsenal ke Puncak Klasemen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: