Muba Siap Tingkatkan Keamanan Siber

Muba Siap Tingkatkan Keamanan Siber

Herryandi Sinulingga AP. Foto: dok/ist.--

PALEMBANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Griya Agung Palembang akan menjadi saksi peluncuran bersama Computer Security Insiden Response Team (CSIRT) oleh 11 kabupaten/kota dan 7 perguruan tinggi di Provinsi Sumatera Selatan.

Pj Bupati Musi Banyuasin, Drs H Apriyadi Mahmud MSi, diundang oleh Pj Gubernur Sumsel untuk meramaikan acara ini.

Meskipun Pj Bupati tidak dapat hadir langsung karena jadwal yang padat, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muba, Herryandi Sinulingga AP, menyatakan kesiapannya untuk mewakili.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Pimpin Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

"MubaKab-CSIRT, yang sudah terbentuk berdasarkan SK Bupati, akan memberikan layanan keamanan siber di Kabupaten Musi Banyuasin," ujarnya.

Tim CSIRT Musi Banyuasin (MubaKab-CSIRT) telah mendapatkan persetujuan dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Dengan perangkat monitoring dan sistem pelaporan online yang telah disiapkan, diharapkan mereka dapat secara efektif menangani insiden keamanan siber.

BACA JUGA:101 Orang Ikuti Operasi Katarak Gratis di RSMH Palembang

"Semoga dengan adanya MubaKab-CSIRT ini, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dapat lebih efektif dan efisien dalam manajemen insiden keamanan siber," harapnya.

Kepala Bidang Persandian Dinkominfo Muba, Jerry Rinoldy ST MT, menekankan bahwa MubaKab-CSIRT memiliki kewenangan untuk penanggulangan insiden, mitigasi, investigasi, dan pemulihan pasca insiden keamanan siber.

Ini diharapkan dapat memudahkan koordinasi dan meningkatkan kesadaran terhadap keamanan informasi di lingkungan Pemkab Muba.

BACA JUGA:Pemprov Sumsel Buka Operasi Pasar Murah

Dasar pembentukan CSIRT Musi Banyuasin mencakup Peraturan Presiden, Peraturan Badan Siber dan Sandi Negara, serta Peraturan Bupati Musi Banyuasin.

Langkah ini sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan akan keamanan informasi di era pemerintahan berbasis elektronik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: