Dinas Kesehatan Palembang Imbau Cegah DBD

Dinas Kesehatan Palembang Imbau Cegah DBD

Yudhi Setiawan. Foto: dok/ist.--

PALEMBANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Dinas Kesehatan Kota Palembang memberikan imbauan kepada masyarakat untuk lebih waspada terhadap potensi Demam Berdarah Dengue (DBD).

Peringatan ini dilontarkan menyusul perkiraan BMKG yang menyatakan bahwa musim hujan di Sumatera Selatan, khususnya Palembang, akan dimulai pada November 2023.

"Kami mengimbau masyarakat agar secara dini mewaspadai potensi DBD karena memasuki musim hujan," kata Yudhi Setiawan, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Palembang, pada Kamis (23/11/2023).

BACA JUGA:Ribuan Peserta Bersaing Ketat Seleksi Kompetensi PPPK di Pemprov Sumsel

Masyarakat diminta aktif dalam mengurangi risiko penularan DBD dengan menguras tempat penampungan air, menutup tempat-tempat yang berpotensi sebagai tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti penyebab DBD, serta mendaur ulang barang-barang yang bisa menjadi tempat perkembangan nyamuk tersebut.

"Kita himbau masyarakat untuk mencegah DBD dengan cara-cara itu," ungkapnya.

Sementara itu, data menunjukkan bahwa kasus DBD di Bumi Sriwijaya dari Januari hingga minggu pertama November 2023 mencapai 569 kasus.

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Kunjungi Polres Prabumulih

Rincian jumlah kasus menurut jenis kelamin mencatat 277 kasus pada pria dan 292 kasus pada perempuan.

Imbauan ini merupakan langkah preventif Dinas Kesehatan dalam upaya bersama masyarakat untuk mengurangi risiko penyebaran DBD di tengah musim hujan yang diperkirakan akan berlangsung beberapa bulan ke depan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: