WOW! Pilkada Serentak 2024 di Sumsel Telan Anggaran Lebih dari Rp1 Triliun

WOW! Pilkada Serentak 2024 di Sumsel Telan Anggaran Lebih dari Rp1 Triliun

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Agus Fatoni bersama Ketua KPU RI dan Bawaslu Sumsel telah resmi menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) di Auditorium Bina Praja pada Kamis (9/11/2023) kemarin.-Foto: Humas Pemprov Sumsel.-

PALEMBANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Agus Fatoni bersama Ketua KPU RI dan Bawaslu Sumsel telah resmi menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) di Auditorium Bina Praja pada Kamis (9/11/2023) kemarin.

Penandatangan ini mencerminkan komitmen Pj Gubernur Agus Fatoni dalam mensukseskan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Sumsel tahun 2024. 

"Hari ini sudah ditandatangani NPHD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumsel terkait dana Pilkada. Saya ucapkan terimakasih kepada Bupati dan Walikota yang telah berkomitmen penuh sehingga anggaran pilkada 40% tahun 2023 telah disediakan," ungkap Fatoni.

Anggaran Pilkada 2024 di Sumsel terdiri dari berbagai sumber, termasuk APBD murni dan perubahan, serta pergeseran anggaran melalui Belanja Tidak Terduga (BTT). 

BACA JUGA:10 Makanan Khas Palestina: Kuliner yang Bertahan di Tengah Tantangan dan Konflik

Fatoni menegaskan bahwa penggunaan BTT, awalnya diragukan oleh beberapa kepala daerah, namun dengan pemahaman yang diberikan, mereka akhirnya yakin.

Penandatanganan NPHD dianggap sebagai bentuk cinta dan komitmen para kepala daerah, KPU, dan Bawaslu terhadap bangsa dan negara. 

Fatoni berpesan agar Pilkada Serentak 2024 di Sumsel berlangsung sukses, menjaga status daerah sebagai "zero konflik" dan memastikan kegembiraan selama pesta demokrasi.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari menyampaikan terima kasih kepada Pj Gubernur Sumsel dan DPRD atas dukungan untuk pemilihan Gubernur di Sumsel. 

BACA JUGA:Menggugah Hati: 5 Momen Membuktikan Keberanian dan Ketangguhan Palestina, Bikin Terenyuh

Anggaran sekitar Rp234M akan dibagi dua porsi, 40% tahun 2023 dan 60% tahun 2024.

Rincian anggaran Pilkada Serentak 2024 di Sumsel, berdasarkan data Kesbangpol Provinsi, mencapai Rp1 triliun lebih. 

Kumulatif KPU dan Bawaslu menunjukkan komitmen serius untuk menjalankan pesta demokrasi dengan lancar, dengan total anggaran mencapai Rp637.059.959.605,-. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: