Tol Palembang-Jambi, Panjang 169,8 Km, Segera Dibangun!

Tol Palembang-Jambi, Panjang 169,8 Km, Segera Dibangun!

Tol Palembang-Jambi, Panjang 169,8 Km, Segera Dibangun!--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Proyek Jalan Tol Trans Sumatera, yaitu Jalan Betung–Tempino–Jambi dengan panjang total 169,9 km, yang melintasi Provinsi Sumatera Selatan dan Jambi, segera memasuki tahap konstruksi.

Pekerjaan konstruksi Jalan Tol Betung–Tempino–Jambi dimulai untuk ruas Tol Bayung Lencir–Tempino Seksi 1 dan Seksi 3, ditandai dengan penandatanganan kontrak pembangunan senilai Rp2,75 triliun antara Kementerian PUPR dan penyedia jasa.

"Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam pernyataan tertulisnya pada Senin (22/5/2023).

BACA JUGA:Tiga Jam Saja! Perjalanan Jambi - Palembang Lebih Cepat dengan Jalan Tol Baru

Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir–Tempino Seksi 1 dan Seksi 3 didanai oleh APBN Tahun 2023-2024.

Seksi 1 dengan panjang 7,62 km dikerjakan oleh PT Adhi Karya - PT Waskita Karya - PT Jaya Konstruksi (KSO) dengan nilai kontrak Rp1,61 triliun. Sedangkan Seksi 3 dengan panjang 15,47 km dikerjakan oleh PT Hutama Karya - PT Wijaya Karya - PT Brantas Abipraya (KSO) dengan nilai kontrak Rp2,75 triliun.

Direktur Jalan Bebas Hambatan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Triono Junoasmono, mengatakan progres pekerjaan Tol Bayung Lencir–Tempino Seksi 1 dan Seksi 3 untuk pembebasan lahan di wilayah Sumatera Selatan mencapai 86%, sementara di wilayah Jambi sudah mencapai 95%.

Setelah penandatanganan kontrak pembangunan Tol Bayung Lencir–Tempino Seksi 1 dan Seksi 3, kontrak untuk Seksi 2 dan dua paket kontrak pengawasan teknis akan segera menyusul.

BACA JUGA:Perkembangan Terbaru Proyek Jalan Tol Trans Sumatera Jambi-Palembang

Ditjen Bina Marga telah berkoordinasi dengan Ditjen Bina Konstruksi agar paket pekerjaan Seksi 2 dan dua paket pekerjaan supervisi tersebut dapat disetujui oleh Menteri PUPR pada Mei 2023.

Yongki, seorang pejabat terkait, mengungkapkan, "Kita akui bersama, Jambi adalah salah satu provinsi yang sedikit tertinggal dalam pembangunan tol. Alhamdulillah, sekarang kita telah memulai pembangunan di Jambi, sehingga seluruh provinsi di Sumatera akan memiliki jalan tol, meskipun secara bertahap."

Secara keseluruhan, Tol Betung–Tempino–Jambi sepanjang 169,9 km akan dibangun melalui dua skema pembiayaan, yaitu Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) dengan Pembiayaan Berkala Berbasis Layanan sepanjang 136,3 km senilai Rp21,38 triliun, dan skema kedua yang didukung pemerintah senilai Rp5,84 triliun untuk sepanjang 33,63 km. (Pad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: