Progres Pembangunan Tol Kapal Betung Menuju Operasi pada 2023

Progres Pembangunan Tol Kapal Betung Menuju Operasi pada 2023

Progres Pembangunan Tol Kapal Betung Menuju Operasi pada 2023.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pembangunan Tahap II Seksi 2-3 Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) Segmen Palembang (Kramasan)-Betung Masih berlangsung.

Pembangunan Tahap II Seksi 2-3 Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) yang membentang sepanjang 69,19 kilometer masih berada dalam proses pembangunan.

Tahap I Seksi 1-2 Tol Kapal Betung yang menghubungkan Kayu Agung-Palembang (Kramasan) sepanjang 42,5 kilometer telah diresmikan pada bulan Januari 2021.

BACA JUGA:KEREN! Peningkatan Infrastruktur, Dua Proyek Tambahan, Jabodetabek di Kepung Tol

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa hadirnya jalan tol yang terhubung dengan wilayah produktif dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

Kawasan produktif ini mencakup kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Keterpaduan Pembangunan Kementerian PUPR, Achmad Gani Ghazaly Akman, melaporkan bahwa progres pembebasan lahan pada Seksi 2 Tol Kapal Betung ruas Keramasan-Musi Landas sepanjang 24,9 kilometer telah mencapai 89,98 persen. 

BACA JUGA:Misteri Gunung Padang: Artefak Bersejarah atau Fenomena Alam?

Progres pembebasan lahan pada Seksi 3 Tol Kapal Betung ruas Musi Landas-Betung sepanjang 44,29 kilometer mencapai 53,45 persen. Progres fisik pada Seksi 2 dan 3 masing-masing adalah 34,95 persen dan 6,3 persen.

Dengan perkembangan ini, diharapkan bahwa kedua ruas tol tersebut yang memiliki panjang total 69,19 kilometer akan selesai pada Desember 2023.

Gani menyarankan kepada Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, agar penanganan fisik di lapangan, khususnya di Seksi 2 (gate-to-gate), diprioritaskan untuk memungkinkan pengoperasian secara bertahap.

BACA JUGA:Mitos dan Legenda Gua Hatusaka Keajaiban dan Keangkeran di Balik Keindahan Alam

Pengadaan tanah yang sudah selesai akan menjadi tanggung jawab PT Waskita Sriwijaya Tol hingga dapat diterima oleh Dirjen Bina Marga.

Tol Kapal Betung adalah bagian dari koridor utama (backbone) jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang dibangun oleh badan usaha jalan tol (BUJT) PT Waskita Sriwijaya Tol dengan nilai investasi sebesar Rp22,16 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: