Tol Indralaya-Prabumulih Ditutup! Ada Apa?

Tol Indralaya-Prabumulih Ditutup! Ada Apa?

Gerbang Tol Prabumulih.-Hutama Karya.-

PALEMBANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Jalan Tol Indralaya-Prabumulih, yang terletak di Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel), sedang menjalani penutupan sementara sebagai bagian dari persiapan peresmiannya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Jalan tol ini sebelumnya telah dioperasikan sementara sejak tanggal 30 Agustus 2023 dan akan ditutup sementara mulai Selasa, 24 Oktober 2023 pukul 23.59 WIB hingga Kamis, 26 Oktober 2023. 

Tjahjo Purnomo, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), menjelaskan bahwa penutupan jalan ini dilakukan sebagai upaya penyempurnaan sistem transaksi di Jalan Tol Indralaya-Prabumulih. 

"Kami akan melakukan perawatan atau maintenance pada mesin peralatan tol sebelum diresmikan," ungkapnya pada Selasa, 24 Oktober 2023.

BACA JUGA:Misteri 9 Jenis Makhluk Mitologi dalam Khasanah Masyarakat Kalimantan Selatan

Purnomo juga mengimbau para pengguna jalan tol untuk menghindari akses masuk gerbang tol Indralaya dan Prabumulih selama periode penutupan tersebut. 

Bagi mereka yang ingin melintas dari Pintu Tol Palembang ke arah Indralaya, diusulkan untuk keluar melalui Pintu Tol Pemulutan dan Pintu Tol KTM Rambutan serta menggunakan jalan nasional (non-tol) sebagai alternatif rute.

"Hutama Karya memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul nanti," sampainya.

Setelah diresmikan oleh Presiden Jokowi, Jalan Tol Indralaya-Prabumulih akan mulai berlaku tarif, mengakhiri periode tanpa tarif sejak 30 Agustus 2023. 

BACA JUGA:Misteri Jalan Tol Semarang–Solo: Kisah Mistis di Balik Jalur Megapolitan Joglosemar

Jalan Tol Indralaya-Prabumulih adalah bagian dari pembangunan Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim dengan total panjang 119 kilometer.

Jalan tol ini terbagi menjadi dua seksi, yaitu Seksi 1 Simpang Indralaya-Prabumulih dan Seksi 2 Prabumulih-Muara Enim dengan panjang masing-masing 54 kilometer. 

Jalan Tol ini melintasi wilayah Kota Palembang, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim, dan Kota Prabumulih, serta dilengkapi dengan dua simpang susun.

Selain itu, tol ini memiliki satu gerbang tol dan satu TIP (Rest Area) Tipe A. Dengan hadirnya jalan tol ini, perjalanan dari Palembang ke Prabumulih hanya memerlukan waktu sekitar satu jam. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: