Gunung Arjuno Welirang Mengungkap Pesona Keindahan Tertinggi di Jawa Timur

Gunung Arjuno Welirang Mengungkap Pesona Keindahan Tertinggi di Jawa Timur

Istimewa/internet --

BACA JUGA:Kenapa Gunung Padang Tidak Digali, Penggalian Gunung Padang Memalukan Citra Bangsa, Teliti Dulu!

Di kompleks ini, kita juga dapat menemukan gunung berapi lebih tua seperti Gunung Ringgit di timur dan Gunung Lincing di selatan.

Beberapa lokasi di pegunungan ini memiliki fumarol dengan cadangan belerang, seperti puncak Gunung Welirang dan puncak Gunung Kembar II, serta beberapa jalur pendakian.

Selain menjadi tujuan pendakian yang populer, Gunung Arjuno memiliki berbagai objek wisata.

Salah satunya adalah air terjun Kakek Bodo, yang juga merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Arjuno.

BACA JUGA:Tak Selalu Mistis, Ini Rahasia di Balik Nama Alas Lali Jiwo

Meskipun ada air terjun lain di sekitar gunung, Kakek Bodo tetap menjadi favorit para pendaki.

Di lereng gunung ini, kita juga bisa menemukan mata air Sungai Brantas, yang merupakan sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa setelah Bengawan Solo.

Wilayah sekitar Gunung Arjuno juga memiliki destinasi wisata terkenal seperti Tretes, Kota Wisata Batu, dan Taman Safari Indonesia 2.

Terdapat beragam jenis hutan di sekitar Gunung Arjuno, termasuk hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

BACA JUGA:Gunung Padang, Hal yang Ditakuti Dunia jika Penelitian di Situs Terus Dilanjutkan, Menciptakan Ketegangan

Gunung Arjuno dapat didaki dari berbagai arah, seperti Utara (Tretes) melalui Gunung Welirang, Timur (Lawang), Barat (Batu-Selecta), dan Selatan (Karangploso).

Desa Sumberawan, Singosari, merupakan desa terakhir sebelum memulai pendakian dan juga dikenal sebagai pusat kerajinan tangan di kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Ada juga jalur melalui Purwosari yang lebih mudah dijangkau, hanya setengah jam dari jalan raya dan langsung sampai di Tambakwatu.

Gunung Arjuno Welirang adalah tempat yang mempesona bagi pencinta alam dan pendaki, menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan petualangan yang tak terlupakan di Jawa Timur.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: