Kontroling Blok Hunian dan Brandgang: Upaya Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban di Lapas

Kontroling Blok Hunian dan Brandgang: Upaya Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban di Lapas

Kontroling blok hunian dan brandgang di Lapas Kelas IIB Empat Lawang.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) memiliki peran penting dalam menjaga keamanan masyarakat dengan mengawasi dan merawat warga binaan.

Salah satu langkah krusial dalam menjalankan fungsi ini adalah dengan melakukan kontroling blok hunian dan brandgang.

Kegiatan ini dilakukan oleh Ka KPLP (Kepala Lembaga Pemasyarakatan) dan jajaran petugas sebagai bagian dari upaya untuk memastikan situasi dan kondisi Lapas tetap aman dan lingkungan Lapas terjaga kebersihannya.

BACA JUGA:Fauzan Khoiri Resmi Dilantik Jadi Pj Bupati Empat Lawang

"Kontrol keliling yang dilakukan terhadap situasi dan kondisi di dalam blok hunian warga binaan dan brandgang sangatlah penting," ungkap Kepala Lapas, Yosef Leonard Sihombing.

Adapun Tujuan utama dari kontrol ini di katakan Yosef, adalah untuk menjaga situasi tetap aman, tertib, dan bersih.

Pemantauan rutin ini memungkinkan petugas Lapas untuk mendeteksi dini potensi masalah atau gangguan yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban di dalam Lapas.

BACA JUGA:Pengajian Akbar di Penghujung Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Empat Lawang

Selain itu, Yosef menuturkan,kegiatan kontrol ini juga bertujuan untuk memantau aktivitas yang dilakukan oleh warga binaan di dalam blok dan kamar hunian mereka.

"Ini merupakan langkah awal dalam upaya petugas Lapas untuk mendeteksi potensi masalah atau tindakan yang tidak diinginkan," tuturnya.

Lanjut Yosef Dengan mengetahui apa yang terjadi di dalam Lapas, petugas dapat mengambil tindakan preventif yang tepat guna mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di dalam lingkungan Lapas.

BACA JUGA:Profil Fauzan Khoiri Denin, Pj Bupati Empat Lawang yang Berbeda

Pentingnya kontroling blok hunian dan brandgang ini juga sejalan dengan arahan dari Dirjen Pemasyarakatan yang menekankan pentingnya deteksi dini sebagai salah satu kunci keberhasilan sistem pemasyarakatan. 

Masih di katakan Yosef, dengan mendeteksi dini potensi masalah atau pelanggaran, Lapas dapat mengambil tindakan yang sesuai untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan pemulihan warga binaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: