Kisah-Kisah Dewa dan Makhluk Mitologi Mesir Kuno

Kisah-Kisah Dewa dan Makhluk Mitologi Mesir Kuno

Dewa Mesir Kuno.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Mesir Kuno adalah salah satu peradaban paling kuno dan menakjubkan dalam sejarah manusia.

Salah satu aspek yang paling menarik dari budaya Mesir Kuno adalah sistem mitologi yang kaya, dengan dewa-dewa dan makhluk-makhluk mitologi yang unik.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa kisah menarik tentang dewa-dewa dan makhluk-makhluk mitologi Mesir Kuno.

BACA JUGA:Misteri Situs Megalitik Arca Manusia Dililit Ular di Desa Tanjung Aro, Pagar Alam Utara

1. Ra, Dewa Matahari

Dalam mitologi Mesir, Ra adalah dewa matahari yang sangat penting. Dia dianggap sebagai dewa pencipta yang pertama, menciptakan dunia dengan matahari sebagai matahari terbit setiap hari.

Ra juga dikenal sebagai dewa pemimpin yang melindungi Firaun Mesir dalam perang. Kisah tentang Ra yang mengarungi langit setiap hari dalam perahu matahari adalah salah satu kisah paling terkenal dalam mitologi Mesir.

2. Osiris, Dewa Kematian

Osiris adalah dewa kematian dan kehidupan setelah kematian. Dia adalah salah satu dewa yang paling dihormati dan dicintai dalam mitologi Mesir. Kisah tragisnya melibatkan saudara jahatnya, Set, yang membunuhnya dan memotongnya menjadi potongan-potongan kecil.

Namun, istrinya, Isis, berhasil mengumpulkan potongan-potongan tersebut dan menghidupkannya kembali. Osiris kemudian menjadi dewa yang menghakimi kehidupan setelah kematian.

BACA JUGA:Ini Pembahasanya! Gerbang Dunia Lain, Misteri Pantai Karang Bolong dalam Sejarah Kesultanan Banten, Dimana Itu

3. Anubis, Dewa Pemakaman

Anubis adalah dewa yang mengawasi proses pemakaman dan peradilan di dunia bawah. Dia digambarkan sebagai manusia dengan kepala serigala atau anjing.

Anubis bertugas menjalankan prosedur pemakaman yang tepat dan menilai jiwa orang mati di hadapan Dewa Kematian, Osiris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: