Stasiun Manggarai, Jejak Sejarah dan Cerita Mistis di Jakarta Selatan

Stasiun Manggarai, Jejak Sejarah dan Cerita Mistis di Jakarta Selatan

Ilustrasi Stasiun Manggarai.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Stasiun Manggarai, yang kini merupakan pemandangan indah dengan berbagai fasilitas modern, memiliki akar sejarah yang dalam dan penuh misteri.

Berdiri sejak zaman Belanda pada tahun 1914, stasiun ini telah menyaksikan berbagai peristiwa penting dalam sejarah Indonesia.

Terletak di Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, stasiun ini dulunya dijadikan tempat tinggal dan pasar budak asal Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur.

BACA JUGA:Batu Menangis Pantai Matras, Misteri Air Mata di Pulau Bangka

Pembangunan Stasiun Manggarai dimulai oleh arsitek Belanda, Ir. J. Van Gendt, pada tahun 1914. Meskipun pembangunan belum sepenuhnya selesai, stasiun ini diresmikan pada tanggal 1 Mei 1918.

Namun, selain sejarahnya yang kaya, Stasiun Manggarai juga terkenal dengan cerita mistis yang mengitarinya. 

Salah satu cerita hantu Manggarai yang terkenal adalah kisah tentang "Kereta Hantu Manggarai".

BACA JUGA:Gila dan Tidak Masuk Akal, 5 Tradisi Aneh Suku di Indonesia, Ada Ritual Sunat Plus Hubungan, Begini Ceritanya!

Cerita ini telah menjadi inspirasi bagi produser film Nyato Fio Nuala untuk membuat film dengan judul yang sama.

Salah satu kesaksian yang mencuat adalah tentang penjaga perlintasan kereta bukit Duri-Jakarta Selatan. Pada pukul 04.00 dini hari, mereka dikejutkan oleh suara sirine perlintasan kereta, padahal jam operasional kereta dimulai pada pukul 05.00 WIB.

Tak lama setelah itu, sebuah kereta empat gerbong melintas tanpa masinis dan penumpang, dalam keadaan gelap gulita.

BACA JUGA:Mengungkap Tabir Misteri Gaib di Goa Matu Pesisir Barat, Ada 12 Kerajaan Gaib

Kisah lain datang dari seorang lelaki bernama Selamet. Ia berbicara tentang seorang pemuda yang tiba di Stasiun Depok pada pukul 23.00.

Pemuda itu mengaku baru menumpangi kereta yang penuh dengan penumpang yang tampak seperti mayat, dan mereka tidak berinteraksi satu sama lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: