Mengenal Orang Bunian, Kisah Hantu Khas Aceh yang Menyeramkan

Mengenal Orang Bunian, Kisah Hantu Khas Aceh yang Menyeramkan

Mengenal Orang Bunian, Kisah Hantu Khas Aceh yang Menyeramkan-ilustrasi-

Mengenal Orang Bunian, Kisah Hantu Khas Aceh yang Menyeramkan

EMPATLAWNG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Aceh, sebuah daerah yang kaya akan budaya dan tradisi, juga memiliki kisah-kisah menyeramkan tentang hantu-hantu yang menghantui masyarakatnya. 

Salah satu hantu yang dikenal di Aceh adalah "Orang Bunian". 

Dalam kepercayaan masyarakat, Orang Bunian merupakan hantu yang tinggal di hutan dan seringkali mengganggu siapa saja yang berani memasuki daerah mereka.

BACA JUGA:Mister Rencong Aceh Miliki Kekuatan Magis

Orang Bunian digambarkan sebagai makhluk halus yang berwujud mayat hidup terbungkus kain kafan, yang berjalan dengan cara melayang-layang beberapa sentimeter di atas permukaan tanah. 

Bunyi menangis tersedu sedan yang dikenal sebagai meu 'i-'i kerap terdengar dari hantu jenis ini, sesuai dengan suasana dan waktu ia berperan. 

Kisah-kisah seram tentang Orang Bunian ini telah menjadi bagian dari budaya dan folklor masyarakat Aceh.

Menurut penelitian oleh Husaini Isma'il dalam bukunya "Buroeng: Suatu Analisis Historis Fenomenologis dan hubungannya dengan Animisme, Dinamisme, dan Hinduisme dalam Masyarakat Islam Aceh" (1990), kisah atau cerita hantu seperti Orang Bunian berasal dari folklor lisan dengan berbagai macam versi.

BACA JUGA:Menjelajahi Alam Gaib: Dika dan Keajaiban Putri Bunian di Gunung Papandayan

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa Orang Bunian adalah salah satu istilah hantu yang beredar di masyarakat Aceh.

Selain itu, penelitian oleh Rusdi Sufi dan rekannya dalam "Keanekaragaman Suku dan Budaya di Aceh" (2004) juga menjelaskan lebih rinci tentang jenis-jenis hantu khas Aceh. 

Orang Bunian termasuk salah satu jenis hantu yang tinggal di hutan. Mereka sering kali dianggap sebagai makhluk halus yang dapat mengganggu orang yang berani memasuki daerah hutan tersebut. 

Gejala yang dialami oleh orang yang diganggu oleh Orang Bunian disebut meurampȏt, dan biasanya harus dirajah atau meurajah oleh orang pintar untuk mengusir pengaruh makhluk halus ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: