Manfaat Buah Zaitun Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Zaitun Bagi Kesehatan

Buah Zaitun.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Buah zaitun (Olea europaea) telah dikenal sejak zaman kuno karena khasiatnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan Buah zaitun:

1. Kaya akan antioksidan

Zaitun mengandung senyawa antioksidan seperti vitamin E, polifenol, dan oleuropein, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan membantu mengurangi kerusakan sel dan peradangan, serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis.

BACA JUGA:Selain Enak Dimakan, Buah Kiwi Juga Banyak Kandunganya Lho

2. Menjaga kesehatan jantung

 Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun diyakini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Konsumsi minyak zaitun teratur dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik), sehingga menjaga kesehatan jantung.

BACA JUGA:Manfaat Olahraga Skateboarding yang Jarang Disadari

3. Mendukung fungsi otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak zaitun terkait dengan peningkatan fungsi otak dan mengurangi risiko penurunan kognitif terkait usia.

BACA JUGA:Sejarah Panjang Skateboarding: Campuran Dari Berbagai Olahraga yang Ada

4. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Minyak zaitun membantu mengatur gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Oleuropein dalam buah zaitun juga dapat mendukung pengelolaan gula darah.

5. Melawan peradangan

 Kandungan polifenol dalam zaitun memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit inflamasi kronis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: