Beberapa Alat Musik yang Legendaris di Indonesia

Beberapa Alat Musik yang Legendaris di Indonesia

Ilustrasi.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Alat musik yang paling legendaris di Indonesia sangat sulit untuk dipilih karena Indonesia memiliki beragam budaya dan tradisi musik yang kaya.

Namun beberapa alat musik yang dianggap sangat legendaris dan telah menjadi bagian penting dari kekayaan musik Indonesia adalah di antaranya

1. Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional dari Jawa Barat yang terbuat dari bambu. Ini adalah salah satu alat musik paling terkenal dan telah diakui sebagai Warisan Budaya Takbenda oleh UNESCO.

BACA JUGA:Sejarah Hari Jumat: Dari Perspektif Kultural dan Keagamaan

2. Gamelan

Gamelan adalah ansambel alat musik perkusi tradisional yang terdiri dari gong, kendang, saron, demung, dan instrumen lainnya. Musik gamelan memiliki keunikan bunyinya dan merupakan bagian penting dari budaya Jawa dan Bali.

3. Sasando

Sasando adalah alat musik tradisional khas Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Alat musik ini unik karena berbentuk seperti harpa dengan tali yang terbuat dari daun lontar.

BACA JUGA:Pulau Sumatera: Jejak Peradaban Purba yang Tersingkap

4. Kendang

Kendang adalah drum dua sisi yang banyak digunakan dalam musik tradisional Jawa dan berbagai tarian tradisional Indonesia. Ini adalah bagian penting dari ansambel gamelan.

5. Suling 

Suling adalah seruling bambu yang sering dimainkan sebagai alat musik solo dalam berbagai genre musik tradisional Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: