Ciri-ciri Tanaman Kumis Kucing dan Daerah yang Banyak Ditemukanya

Ciri-ciri Tanaman Kumis Kucing dan Daerah yang Banyak Ditemukanya

Kumis Kucing.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Tanaman kumis kucing (Orthosiphon aristatus), juga dikenal sebagai Java tea, adalah tumbuhan herbal yang memiliki banyak manfaat dalam pengobatan tradisional.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri tanaman kumis kucing.

- Bentuk tanaman

Kumis kucing adalah tanaman herba yang tumbuh tegak dengan tinggi sekitar 1 hingga 2 meter. Daunnya berbentuk lonjong dan bergerigi, biasanya berwarna hijau gelap, dan memiliki tekstur kasar.

BACA JUGA:Harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil

- Bunga

Bunga kumis kucing memiliki kelopak bunga yang berwarna putih atau ungu pucat dengan bintik-bintik ungu atau biru di bagian tengahnya. Bunga-bunga ini berkumpul dalam tandan pada ujung cabang tanaman.

- Habitat

Kumis kucing dapat tumbuh di berbagai jenis tanah, terutama di daerah beriklim tropis atau subtropis. Tanaman ini umumnya ditemukan di daerah-daerah dengan curah hujan yang tinggi, seperti hutan hujan, lereng gunung, dan daerah yang lembap.

BACA JUGA:Daerah Ini Banyak Ditemukan Tanaman Ciplukan, Cek Ciri-cirinya!

- Kegunaan

Daun dan bunga kumis kucing telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai kondisi kesehatan, termasuk masalah ginjal, peradangan, infeksi saluran kemih, diabetes, dan hipertensi. Ekstrak kumis kucing juga digunakan dalam suplemen herbal.

Negara-Negara di mana kumis kucing banyak ditemukan meliputi Indonesia (terutama di Pulau Jawa), Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Negara-Negara lain di kawasan Asia Tenggara

BACA JUGA:Menyelamatkan Sumsel dari Ancaman Ekologis: Herman deru Bersama Mapala Gema Persada. Lh Aksi Peduli Mangrove

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: