Kisah Elma: Dari Menanam Didepan Rumah, Hingga Tak Perlu Lagi Membeli Sayuran

Kisah Elma: Dari Menanam Didepan Rumah, Hingga Tak Perlu Lagi Membeli Sayuran

Perkarangan didepan rumah, Elma, warga Desa Sugihwaras yang ditanami sayuran. Foto: Andika/Rakyat Empat Lawang.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID – Seorang warga Desa Sugihwaras, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, manfatkan lahan kosong dipekarangan rumah dengan menanami sayuran.

Jenis sayuran yang ditanam tersebut, adalah daun ubi dan kangkung serta berbagai jenis bumbu dapur, seperti lengkuas, serai dan jahe merah dan kunyit.

Pemilik lahan Elma, mengaku sejak lahan ini dimanfaatkan dirinya, sudah jarang membeli jenis sayur kangkung dan daun ubi, sebab setiap satu minggu sekali kangkung maupun daun ubi yang miliknya itu selalu panen.

BACA JUGA:Apa Makanan Khas Empat Lawang? Berikut 5 Lauk Khas Empat Lawang, Resep dan Cara Memasaknya!

 “Kangkung ini cukup untuk sayur saja tidak untuk dijual. Sejak ada tanaman sayur kangkung ini sudah jarang beli kangkung. Kalau yang jenis terong dan yang lainya itu baru di tanam,” kata Elma, Minggu, 9 Juli 2023.

Dirinya juga mengaku, tidak pernah lagi membeli bumbu dapur seperti serai dan lengkuas, sejak kedua bumbu dapur tersebut ditanam di pekarangan rumahnya.

“Kalau jahe, umbinya masih sedikit, begitu juga kunyit juga masih kecil. Tapi juga sering kita panen, kalau mau masak kunyit pun begitu kita ambil secukupnya,” ujarnya.

BACA JUGA:Apakah Mitos Itu Nyata? Berikut Penyebab Timbulnya Mitos dan Mengapa Diterima Masyarakat!

Untuk bibit tanaman sayuran tersebut ditambahkan Elma bukan beli ditokoh pertanian melauinkan langsung dari umbinya dan ditanam secara otodidak.

“Kangkung itu awalnya saya beli dipasar saya ambil pangkal dari batang tersebut terus ditanam, alhamdulillah hidup, begitu juga serai, lengkuas, kunyit dan jahe, pas beli kemarin sebagian untuk masak sebagian ditanam. Alhamdulillah hidup, kalau perenggi itu bijinya kita tanam," terangnya. (Dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: