Jarang Diketahui, Ini Fakta dan Mitos Gunung Kerinci

Jarang Diketahui, Ini Fakta dan Mitos Gunung Kerinci

Gunung kerinci--

Jarang Di Ketahui, Ini Fakta dan Mitos Gunung Kerinci

EMPATLAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Gunung Kerinci Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) adalah taman nasional paling besar ke-2 di Indonesia.

Gunung Kerinci berada di mana? Gunung Kerinci terletak di perbatasan Kerinci, provinsi Jambi, dengan provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Solok Selatan, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dengan ketinggian 3.805 mdpl.

Luasnya bahkan juga capai 1,3 juta hektar. Didalamnya, kalian mendapati banyak flora dan fauna ciri khas Sumatera yang unik dan jarang-jarang diketemukan.

BACA JUGA:Muharram 2023, 4 Amalan Tradisi Malam 1 Suro Bagi Umat Islam

Misalkan seperti gajah, badak Sumatera, harimau, beruang madu, kus-kus, tapir, macan tutul, siamang, gibbon, monyet ekor panjang dan 140 tipe burung.

Lantas floranya, kamu dapat menyaksikan banyak pohon mahoni, tumbuhan raksasa Rafflesia Arnoldi, dan Suweg Raksasa Amorphophallus Titanum.

BACA JUGA:WOW! Dari Puncak Ini, Kamu Disuguhi Panorama Kota Jambi, Padang, Bengkulu Sampai Samudera Hindia

Apa status Gunung Kerinci saat ini?

Saat ini Gunung Kerinci berada pada status level dua, dan masyarakat masih dilarang mendekat di sekitar Gunung Api Kerinci. Selain itu, sejak Oktober 2022, pendaki juga sudah dilarang melakukan pendakian ke Gunung Kerinci.

Puluhan hektare lahan sawah milik warga sekitar tertutup abu erupsi Gunung Kerinci. Gunung Kerinci dikenali dengan beberapa nama. Beberapa salah satunya ialah Gunung Gadang, Korinci, Berapi Kurinci, dan Puncak Indrapura.

BACA JUGA:Selamat! Defran Alvindo dan Nadinda Shakila Terpilih Menjadi Bujang Gadis Empat Lawang 2023

Tetapi yang jelas, asal mula nama gunung kerinci itu tetap dalam pembicaraan. Ada cerita yang menjelaskan jika nama Kerinci berawal dari bahasa Tamil "Kurinji" yang disebut salah satunya tipe bunga di daratan tinggi.

Misteri Uhang Pandak Gunung Kerinci Makhluk namanya Uhang Pandak adalah salah satunya mistis Gunung Kerinci yang sampai saat ini masih menarik rasa ingin tahu masyakarat. Uhang pandak adalah orang pendek dalam Bahasa Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: