Hari Raya Idul Adha, Moment Tepat Untuk Ini Loh

Hari Raya Idul Adha, Moment Tepat Untuk Ini Loh

SILATURAHMI: Orang sedang silaturahmi saat Lebaran Idul Adha, Kamis (29/6/2023).--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Hari Selain Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha selalu menjadi moment yang sangat tepat untuk menjaga silaturahmi antar keluarga, antar tetangga, antar teman, bahkan antar ummat Islam pada umumnya. 

Di hari lebaran, yang di tanah rantau akan mudik, yang jauh akan mendekat, yang tadinya tidak dekat menjadi teman, yang tadinya mungkin bermusuhan akan berbaikan.

Di Hari Raya Idul Adha inilah saatnya merajut kembali tali silaturahmi dengan cara mengunjungi rumah sanak keluarga, teman, dan tetangga.

BACA JUGA:PWI Lahat Potong Satu Ekor Sapi dan Dua Ekor Kambing Qurban

Di Empat Lawang, budaya silaturahmi ke rumah-rumah pada saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha dinama Sanjo yang maknanya ialah mampir atau singgah sebentar.

Salah satu contohnya ialah Sanjo yang dilakukan oleh warga Talang Jawa, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang. 

Salah seorang mahasiswa dari Universitas Jambi, Nofita Sari tak menyia-nyiakan kesempatan moment Idul Fitri dan Idul Adha untuk pulang kampung dan Sanjo ke tempat sanak saudaranya yang ada di Talang Jawa. Setalah kurang lebih satu tahun tak pulang ke kampung halaman, kedatangan Nofita disambut oleh sanak keluarga.

BACA JUGA:Ingat Kasus Suami Bunuh Istri di Empat Lawang? Ini Kabar Terbarunya

Tak hanya Sanjo di area Talang Jawa, Nofi juga mengunjungi sanak keluarganya yang ada di desa lain seperti di Tanjung Beringin, Talang Banyu, dan Sekip.

"Kalau lebaran pasti kami sanjo-sanjo ke tempat sanak keluarga dan teman-teman," kata Nofita saat diwawancarai oleh wartawan.

Sanjo juga dilakukan oleh Marpin Agustio, salah seorang warga Talang Jawa, Kecamatan Tebing Tinggi.

BACA JUGA:Jemaah Alkahfi Kurban Lima Kambing Seekor Sapi, Begini Keseruannya

Tio mengatakan Lebaran Idul Adha menjadi moment yang tepat untuk Sanjo ke rumah teman-temannya.

"Selain Idul Fitri, Idul Adha ini saya juga Sanjo menjalin silaturahmi ke rumah teman-teman," ucap Tio. (Ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: